Lewandowski Sudah Mainkan Laga Terakhirnya di Piala Dunia?

ADVERTISEMENT

Lewandowski Sudah Mainkan Laga Terakhirnya di Piala Dunia?

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 05 Des 2022 12:45 WIB
Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - France v Poland - Al Thumama Stadium, Doha, Qatar - December 4, 2022 Polands Robert Lewandowski after the match as Poland are eliminated from the World Cup REUTERS/Bernadett Szabo     TPX IMAGES OF THE DAY
Robert Lewandowski mempertimbangkan bermain di Piala Dunia 2026. (Foto: REUTERS/BERNADETT SZABO)
Doha -

Robert Lewandowski baru saja menutup kiprahnya bersama Polandia di Piala Dunia 2022. Lewandowski belum bisa memastikan untuk tampil di Amerika Serikat 2026.

Polandia dipaksa berkemas setelah takluk 1-3 dari juara bertahan Prancis. Pada pertandingan babak 16 besar di Stadion Al Thumama (4/12/202), Polandia kesulitan membendung dominasi Les Bleus.

Prancis memberondong gawang Polandia dengan tiga gol dari Olivier Giroud dan Kylian Mbappe (2). Lewandowski menciptakan gol hiburan Polandia setelah mengonversi hadiah penalti menyusul hand ball yang dilakukan Dayot Upamecano di injury time.

Gol penalti itu menandai gol kedua Robert Lewandowski di turnamen ini sekaligus di sepanjang partisipasinya di Piala Dunia. Penyerang Barcelona itu tak kinclong-kinclong amat di Qatar seiring dengan performa kurang meyakinkan Polandia.

Namun demikian, pertandingan melawan Prancis belum tentu menjadi penampilan terakhir Lewandowski di Piala Dunia. Meskipun, Lewandowski akan berusia 37 tahun saat turnamen berikutnya digelar di Amerika Serikat.

"Secara fisik, aku tidak takut akan hal itu," ucap pemain terbaik FIFA dua kali itu di Stats Perform. "Namun, ada banyak hal yang harus diurus terlebih dahulu."

"Sulit dikatakan untuk sekarang. Dalam kaitannya dengan sisi atlet, bermain di Piala Dunia berikutnya tidak membuatku takut, namun ada banyak ketidakpastian," imbuh dia.

Lewandowski menuntaskan Piala Dunia 2022 dengan torehan dua gol plus satu assist dalam empat penampilan untuk Polandia. Mantan bomber Borussia Dortmund dan Bayern Munich itu rata-rata membuat tiga percobaan per pertandingan.

"Dia akan memutuskan masa depannya sendiri. Melihat cara dia bermain, saya pikir dia akan menjadi kapten selama bertahun-tahun lagi. Kita lihat saja apakah dia akan bermain di Piala Dunia selanjutnya," pelatih Polandia Czeslaw Michniewicz menimpali.

(rin/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT