Kroasia Memang Sudah Siap Banget Hadapi Adu Penalti

ADVERTISEMENT

Kroasia Memang Sudah Siap Banget Hadapi Adu Penalti

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 06 Des 2022 10:40 WIB
Croatia players celebrate their victory in the World Cup round of 16 soccer match between Japan and Croatia at the Al Janoub Stadium in Al Wakrah, Qatar, Monday, Dec. 5, 2022. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Kroasia lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2022 usai menang adu penalti melawan Jepang (Foto: AP/Eugene Hoshiko)
Jakarta -

Kroasia menang atas Jepang lewat adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kroasia memang sudah mengantisipasi adu penalti sejak sesi latihan.

Laga Jepang vs Kroasia digelar di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Senin (5/12/2022) malam WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu.

Jepang unggul lebih dulu lewat gol Daizen Maeda pada menit ke-43. Ivan Perisic kemudian membawa Kroasia menyamakan kedudukan di paruh kedua.

Kroasia pada akhirnya menang 3-1 dalam adu penalti. Kiper Kroasia Dominik Livakovic tampil gemilang dengan menggagalkan tiga penalti Jepang.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengakui timnya memang sudah berlatih untuk adu penalti. Dalic juga memuji Livakovic.

"Kami punya kiper hebat. Hari ini dia luar biasa, dia menggagalkan setiap penalti dengan cara yang sangat kuat dan stabil," ujar Zlatko Dalic seperti dilansir Sky Sports.

"Kami berlatih penatli di latihan kemarin dan dia melakukan beberapa penyelamatan. Ketika dia menghadapi adu penalti hari ini, saya yakin, kemarin dia menyuntikkan rasa percaya diri ini dan saya yakin dia akan menunjukkan kemampuannya hari ini."

"Kami tidak bisa dominan, tapi kami sudah menunukkan kekuatan karakter. Jepang mungkin meremehkan kami, jangan pernah begitu ke Kroasia. Kami negara kecil tapi kami berjuang untuk yang kami inginkan," kata Dalic.

Kroasia selanjutnya akan menghadapi Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022. Brasil lolos usai menang 4-1 atas Korea Selatan.

(nds/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT