Dor, Dor, Dor, Ini Dia Goncalo Ramos!

ADVERTISEMENT

Dor, Dor, Dor, Ini Dia Goncalo Ramos!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 07 Des 2022 10:05 WIB
Portugals Goncalo Ramos celebrates after scoring his sides fifth goal during the World Cup round of 16 soccer match between Portugal and Switzerland, at the Lusail Stadium in Lusail, Qatar, Tuesday, Dec. 6, 2022. (AP Photo/Alessandra Tarantino)
Goncalo Ramos cetak hat-trick saat Portugal libas Swiss 6-1 (AP/Alessandra Tarantino)
Lusail -

Publik sepakbola dunia mungkin belum mengenal Goncalo Ramos. Laga Portugal Vs Swiss jadi panggung Ramos untuk memperkenalkan diri.

Ramos secara mengejutkan jadi starter saat Portugal menghadapi Swiss di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Ramos menggantikan posisi Cristiano Ronaldo yang biasanya sulit digeser dari starting eleven. Keputusan ini tentu membuat Ronaldo kesal, tapi tidak dengan pelatih Fernando Santos.

Karena keberaniannya mencadangkan Ronaldo membuahkah hasil manis ketika Portugal melibas Swiss dengan skor 6-1. Ramos membetot perhatian dengan torehan tiga gol yang membuatnya langsung masuk daftar top scorer Piala Dunia 2022.

Ramos melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh Ronaldo selama ini di Piala Dunia, ya mencetak hat-trick dan di babak gugur pula.

Padahal Ramos baru masuk skuad Portugal saat Piala Dunia dimulai dan mencatatkan caps pertamanya di laga kontra Nigeria. Pada laga yang dimenangi Portugal 3-0 itu, Ramos bikin gol debut. Nomor punggung 26 makin menunjukkan "kasta" Ramos di Timnas Portugal.

"Tidak pernah terpikirkan sama sekali oleh saya bisa jadi starter di laga fase gugur Piala Dunia," ujar Ramos usai laga seperti dikutip AP.

Ya, mungkin publik juga tidak percaya dengan penampilanmu Ramos. Tapi, Fernando Santos tahu betul kualitas Ramos bersama Benfica dalam dua tahun terakhir.

Maklum karier pesepakbola 21 tahun itu baru dimulai pada tahun 2019 di tim utama Benfica. Ramos masih kesulitan jadi starter karena masih ada beberapa striker yang lebih senior termasuk Darwin Nunez. Dia cuma bikin 14 gol di tiga tahun pertamanya.

Namun, kepergian Nunez musim panas lalu ke Liverpool membawa berkah. Ramos jadi andalan di lini depan dan bikin 14 gol dari 21 penampilan di seluruh kompetisi.

Setelah tanpa tembakan di dua laga pertamanya lawan Ghana dan Uruguay, Ramos langsung tancap gas dengan torehan hat-trick. Apakah ini jadi pertanda kalau era Goncalo Ramos di Portugal sudah dimulai? Kita tunggu saja.

"Mungkin belum banyak yang tahu soal dia sampai hari ini," ujar gelandang Portugal Bruno Fernandes.

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT