Duka di Akhir 2022, Pele sang Raja Sepakbola Meninggal Dunia

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Duka di Akhir 2022, Pele sang Raja Sepakbola Meninggal Dunia

Tim detikcom - Sepakbola
Kamis, 12 Jan 2023 13:40 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 01:  Pele attends a photocall for Pele: The Collection presented by Juliens Auctions on June 1, 2016 at the Mall Galleries  (Photo by Jeff Spicer/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Jeff Spicer)
Jakarta -

Dunia sepakbola berduka di akhir tahun 2022. Pele, legenda sepakbola asal Brasil, meninggal dunia.

Pele menghembuskan napas terakhirnya di usia 82 tahun. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil, tanggal 29 Desember 2022 waktu setempat.

Sejak sebelum Natal, Pele memang sudah dirawat intensif di rumah sakit tersebut. Ia tengah berjuang sembuh dari kanker kolon yang diidapnya sejak September 2021.

Sosok yang lahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento itu adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. Pele juga menjadi satu-satunya yang bisa memenangkan tiga gelar juara Piala Dunia, pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Pihak rumah sakit menyebut, Pele meninggal dunia pada pukul 3.27 sore waktu setempat. Raja Sepakbola itu meninggal karena "kegagalan beberapa organ akibat perkembangan kanker usus besar yang terkait dengan kondisi medis sebelumnya," kata rumah sakit, seperti dilaporkan AP.

O Rei do Futbol, alias Raja Sepakbola, tidak pernah bermain di Eropa pada level klub. Selain gemilang bersama tim Samba, Pele cuma pernah bermain untuk klub Santos (Brasil) dan New York Cosmos (Amerika Serikat).

Dalam kariernya di lapangan hijau, Pele meraup puluhan trofi di level klub dan timnas. Tak lupa, rentetan gelar individu, termasuk gelar Pemain Terbaik FIFA Abad 20 juga bisa disandangnya.

Atas capaiannya, FIFA bahkan mendaulat Pele sebagai yang terhebat sepanjang masa. Pele disebut layak menyandang gelar Raja Sepakbola.

----

Simak dan download report Year in Review 2022 di sini!

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT