Koeman: Buat Apa Minta Nasihat Van Gaal?

ADVERTISEMENT

Koeman: Buat Apa Minta Nasihat Van Gaal?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 24 Jan 2023 07:00 WIB
Ronald Koeman, coach of the Dutch mens soccer team, arrives for a press conference in Zeist, Netherlands, Monday, Jan. 23, 2023. (AP Photo/Peter Dejong)
Ronald Koeman tak perlu meminta saran dari Louis van Gaal (AP/Peter Dejong)
Zeist -

Ronald Koeman memuji pencapaian Timnas Belanda bareng Louis van Gaal. Tapi, bukan berarti Koeman akan meminta saran dari seniornya itu.

Koeman menggantikan Van Gaal sebagai pelatih Belanda selepas Piala Dunia 2022. Koeman kembali menangani tim yang ditinggalkannya pada 2020 direkrut Barcelona.

Kehadiran Koeman membawa haraan baru terkait gaya bermain Belanda yang sempat dikritik di era Van Gaal. Sebab, Belanda dianggap tidak menghibur meskipun berhasil lolos ke Perempatfinal Piala Dunia 2022.

Bagi Koeman, kritik itu tidak pantas mengingat Van Gaal mampu membawa Belanda tidak terkalahkan selama 20 pertandingan dan melaju ke Piala Dunia Qatar lewat rekor mantap selama kualifikasi.

"Van Gaal memang bagus bisa membawa Belanda tidak terkalahkan di 20 laga. Saya rasa saya bisa melakukannya juga dengab gaya main yang berbeda," ujar Koeman di AP.

Meski demikian, bukan berarti Koeman akan meminta saran kepada Van Gaal untuk membawa Belanda berprestasi. Sebab, Koeman punya gaya kepelatihan yang dianggapnya cocok untuk karakter pemain De Oranje saat ini.

"Tidak, saya belum bicara dengannya dan saya rasa tidak perlu juga. Saya punya gaya bermain sendiri dan juga pengalaman. Saya rasa tidak perlu (untuk bicara dengan Van Gaal)," Ronald Koeman melanjutkan.

"Saya harus membuktikan kalau saya bisa jadi pelatih sukses yang punya prestasi di turnamen besar. Langkah pertama adalah lolos dari Kualifikasi Euro yang dimulai Maret."

Belanda punya lawan berat di laga perdana Kualifikasi Euro 2024 pada 24 Maret, yakni Prancis. Selain itu, Republik Irlandia, Yunani, dan Gibraltar adalah lawan-lawannya.

Mereka juga akan jadi tuan rumah semifinal UEFA Nations League 2022/2023 yang juga dihadiri Spanyol, Italia, dan Kroasia.

(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT