sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2013 12:10 WIB

Abramovich: Rumah Termahal, Kapal Terbesar, Klub Terkaya

- detikSport
ist. ist.
New York - Roman Abramovich baru saja memberi rumah termahal di New York. Properti tersebut menambah panjang daftar kekayaan sang miliarder setelah sebelumnya punya kapal pesiar terbesar di dunia dan klub terkaya di London.

Rumah apartemen terbaru yang dipunya Abramovich terletak di Fifth Avenue, Berwind Mansion, New York. Taipan minyak berusia 46 tahun itu harus mengeluarkan uang sebesar US$ 75 juta, sekitar Rp 750 miliar, untuk membeli rumah yang terdiri dari tiga bangunan tersebut.

Harga US$ 75 juta itu merupakan rekor baru di New York, karena nilainya di atas harga pasar yang berada di kisaran US$ 54 juta. Membeli rumah tersebut dari pengusaha properti Howard Ronson, Abramovich dikabarkan juga berencana membeli unit-unit apartemen yang tersisa. Demikian dikutip dari AsiaOne.

Kediaman baru di Amerika Serikat itu membuat daftar kepemilikan Abramovich terhadap 'barang-barang' super mewah bertambah panjang. Pada akhir 2010 lalu Abramovich membeli kapal pesiar yang dinamakan Eclipse.

Dengan panjang mencapai 163,5 meter, Eclipse ketika itu adalah kapal pesiar milik pribadi terbesar di dunia. Untuk membelinya, Abramovich harus merogoh kocek 340 juta poundsterling (sekitar Rp 6,2 triliun).



Sebagai sebuah kapal pesiar mewah, Eclipse punya fasilitas luar biasa. Selain dua helipad, ada juga kabin untuk 24 tamu, dua kolam renang, beberapa kolam berendam air panas, dan tak ketinggalan sebuah disco hall. Itu belum semua. Untuk bersenang-senang pemiliknya, Eclipse punya kapal selam mini yang bisa menyelam hingga 50 meter, plus tiga tempat peluncuran perahu kecil. Paling tidak dibutuhkan 70 orang untuk mengoperasikan kapal pesiar tersebut.

Namun sejak April 2013 lalu status Eclipse sebagai kapal pesiar pribadi terbesar di dunia dipatahkan Azzam. Azzam adalah kepunyaan Khalifa bin Zayed Al Nahyan, presiden Uni Emirat Arab.

'Barang' mewah lain yang dipunya Abramovich tentu saja Chelsea. Saat mengakusisi The Blues pada tahun 2003 lalu Abramovic langsung menjadikannya klub terkaya di Inggris. Ambisi sang Roman untuk merebut gelar juara pun sudah terwujud karena Chelsea sudah menjuarai Premier League, Liga Champions dan Liga Europa.

Soal kekayaan, Chelsea kini sudah digusur Manchester City. Tapi The Blues masih jadi kekuatan utama Liga Inggris.




(din/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com