Schweinsteiger Akan Tuntut Perusahaan Pembuat Boneka Nazi Mirip Dirinya

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 23 Okt 2015 11:32 WIB
Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Manchester -

Gelandang Manchester United, Bastian Schweinsteiger, akan menuntut sebuah perusahaan mainan Hong Kong. Pasalnya, perusahaan itu membuat boneka Nazi yang menyerupai dirinya.

Boneka itu dinamai 'World War II Army Supply Duty - Bastian ', yang dibuat di China oleh Dragon in Dream. Dilansir BBC News, perusahan tersebut berkilah dengan menyatakan bahwa kemiripan nama dan wajah boneka dengan Schweinsteiger "sepenuhnya kebetulan".

Boneka itu diproduksi dengan beberapa versi pakaian. Termasuk sebuah versi di mana si boneka memakai helm baja, jaket musim dingin dan sarung tangan dari wol, dan seragam militer lain lengkap dengan lambang "Wehrmachtsadler", elang dengan sebuah swastika di atas saku dada kanan yang mirip dengan kostum perang tentara Nazi.

"Kami tidak menjual figur apapun yang mirip dengan pesepakbola. Itu hanya sepenuhnya kebetulan belaka di mana figur 'Bastian' mirip dengan Schweinsteiger. Kami pikir bahwa semua orang Jerman punya wajah seperti itu. Bastian juga sebuah nama yang sangat umum di Jerman," ujar seorang juru bicara perusahaan kepada Bild.



Dengan pembuatan boneka itu, si perusahaan mainan dianggap itu telah melanggar hak citra Schweinsteiger. Terlebih lagi Schweinsteiger digambarkan sebagai tentara Nazi, yang sampai saat ini masih menjadi luka sekaligus aib bangsa Jerman pada umumnya.

"Ini jelas adalah sebuah pelanggaran personality right dari Schweinsteiger," kata seorang pengacara Jerman. "Semua orang punya hak atas citranya sendiri. Melihat dia sebagai seorang tentara dengan swastika dan lambang Wehrmacht juga merupakan sebuah penistaan besar dan penghinaan."

Harga 'Bastian' cukup mahal yaitu sekitar 120 dolar AS (Rp 1,6 juta).

(rin/din)