sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 02 Agu 2016 11:27 WIB

Xavi Sumbangkan Kapal Pesiarnya untuk Bantu Atasi Krisis Pengungsi

Kris Fathoni W - detikSport
Foto: POA
Barcelona -

Mantan pemain timnas Spanyol Xavi Hernandez menyumbangkan kapal pesiar pribadinya ke sebuah organisasi non-pemerintah, untuk membantu mengatasi krisis pengungsi.

Pesepakbola 36 tahun yang kini merumput di Qatar bersama klub Al Sadd itu memberi donasi kepada Proactivia Open Arms (POA), yang memiliki misi penyelamatan di laut.

Kapal pesiar mantan pemain Barcelona itu sendiri tidak lantas dipergunakan dalam aksi penyelamatan, melainkan dilelang dengan hasilnya nanti dipergunakan POA guna menjalankan misinya di laut Mediterania.

"(Xavi) mengetahui aktivitas kami beberapa waktu lalu dan kemudian memutuskan untuk menyumbang kapal pesiarnya demi memastikan misi ini bisa terus berjalan," tulis POA seperti dikutip Independent.co.uk.



"Terima kasih, Xavi. Tindakan seperti yang kamu lakukan akan menyelamatkan banyak nyawa," lanjut POA dalam video serah-terima kapal pesiar tersebut di akun Facebook-nya.

POA sendiri saat ini dinyatakan bermarkas di Lesbos, sebuah pulau Yunani yang menampung lebih dari 55 ribu pengungsi di enam bulan pertama tahun ini.

Sejak Januari lalu setidaknya 3 ribu pengungsi tewas dalam usahanya menyeberangi laut dari wilayah-wilayah yang sedang dikoyak perang dan kekerasan.



(krs/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com