Berkat LinkedIn, Pesepakbola Ini Dapat Klub Baru

Rossi Finza Noor - Sepakbola
Selasa, 13 Sep 2016 06:57 WIB
Foto: Getty Images/Laurence Griffiths
Doncaster - Siapa bilang cuma pekerja kantoran yang bisa memanfaatkan situs LinkedIn untuk menaruh CV? Seorang pesepakbola tanpa klub juga bisa melakukannya.

Pada dasarnya, LinkedIn merupakan situs yang dibuat untuk membangun jaringan antarprofesional. Maka, tidak heran jika situs tersebut digunakan banyak orang untuk menjabarkan kemampuan mereka dalam berbagai bidang pekerjaan. Siapa tahu ada perusahaan tertentu tertarik.

Tapi, jarang-jarang seorang pesepakbola menggunakannya untuk mencari klub anyar. Adalah Nathan Tyson yang akhirnya melakukannya.

Tyson berstatus free agent setelah klubnya musim lalu, Doncaster Rovers, melepasnya. Jadilah, Tyson menganggur. Ia sempat menjalani trial bersama Carlisle United, tapi akhirnya tidak jadi bergabung dengan klub tersebut.

Striker berusia 34 tahun itu akhirnya memilih untuk "mengiklankan" dirinya sendiri via LinkedIn.

"Hai. Ada tim yang butuh seorang striker? Saya masih free agent, saya bersedia berlatih bersama sebuah tim jika mereka bersedia melihat kemampuan saya dulu.

"Saya juga menaruh CV dan video penampilan saya selama dua musim terakhir," demikian Tyson menjabarkan dirinya.

Usaha Tyson tidak sia-sia. Ia lantas dikontrak oleh klub asal Skotlandia, Kilmarnock. Kontraknya tidak lama, memang, hanya satu musim. Tapi, setidaknya, untuk saat ini Tyson tidak menganggur lagi.

Hampir sepanjang kariernya, Tyson menghabiskan waktu di League Two hingga Divisi Championship Inggris. Selama dua musim membela Doncaster, Tyson sukses mencetak 18 gol.

(roz/mfi)