sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 04 Okt 2018 15:01 WIB

Kenapa Kasus Pemerkosaan Ronaldo Baru Dituntut Sekarang?

Yanu Arifin - detikSport
Cristiano Ronaldo dilaporkan ke polisi atas tuduhan pemerkosaan pada seorang wanita tahun 2009. (Foto: Massimo Pinca/Reuters) Cristiano Ronaldo dilaporkan ke polisi atas tuduhan pemerkosaan pada seorang wanita tahun 2009. (Foto: Massimo Pinca/Reuters)
Jakarta - Kathryn Mayorga mengaku diperkosa Cristiano Ronaldo pada 2009. Kenapa ia baru serius menuntutnya sekarang?

Mayorga melaporkan Ronaldo ke polisi dengan tuduhan pemerkosaan. Wanita berusia 34 tahun itu mengaku dipaksa berhubungan di sebuah hotel di Las Vegas, Amerika Serikat, pada sembilan tahun silam.

Kejadiannya jelas sudah lama sekali terjadi. Seperti diberitakan sebelumnya, Mayorga sempat melaporkannya, namun kepolisian tidak mengusutnya kala itu karena ketidakjelasan informasi pelapor.

Kini, kepolisian akhirnya bergerak dengan membuka kembali kasus tuduhan pemerkosaan itu. Selain ke polisi, Mayorga diketahui juga mengajukan dokumen ke pengadilan terkait kasus ini. Lantas mengapa semua ini baru dilakukannya sekarang?




Pengacaranya, Leslie Stovall, mengatakan, Mayorga diklaim sempat mengalami depresi akibat pemerkosaan itu. Namun ia akhirnya berani bersuara soal pemerkosaan yang dialaminya karena tergerak lewat kampanye #MeToo di media sosial.

"Gerakan #MeToo dan para wanita yang telah berdiri dan mengungkapkan serangan seksual secara terbuka telah memberinya banyak keberanian dan, untuk sebagian besar, memungkinkan dia keluar dan untuk mengajukan keluhan sipilnya, dan juga pergi ke departemen kepolisian," kata Stovall dikutip Sportsmole.

Hastag #MeToo atau yang berarti 'Saya Juga' muncul sejak Oktober 2017, yang dipicu oleh tuduhan pelecehan seksual oleh produser film Amerika Serikat, Harvey Weinstein.

Beberapa bintang terkenal, termasuk Gwyneth Paltrow, Ashley Judd, dan Jennifer Lawrence, buka suara ke publik untuk mengaku mereka juga telah menjadi korban perilaku yang tidak pantas. Semakin banyaknya orang-orang yang bersuara lewat hastag itu, akhirnya membuat Mayorga berani buka mulut.

Ronaldo sudah mengajukan bantahan keduanya terkait tudingan pemerkosaan yang dialamatkanya. Pemain Juventus itu masih menegaskan ada pihak yang ingin memanfaatkan ketenarannya seraya bersiap menunggu hasil penyelidikan kepolisian.



Simak Juga 'Cristiano Ronaldo Bantah Telah Lakukan Pemerkosaan':

[Gambas:Video 20detik]





(yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed