DetikSepakbola
Selasa 16 Oktober 2018, 18:03 WIB

Ayah Vincent Kompany Jadi Walikota Kulit Hitam Pertama di Belgia

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Ayah Vincent Kompany Jadi Walikota Kulit Hitam Pertama di Belgia Ayah Vincent Kompany terpilih sebagai walikota di Belgia. (Foto: Alex Livesey/Getty Images)
Manchester - Keluarga Vincent Kompany mengukir sejarah. Sang ayah, Pierre Kompany, menjadi walikota berkulit hitam pertama dalam sejarah Belgia.

Pierre, 71 tahun, terpilih sebagai Walikota Ganshoren, sebuah wilayah yang terletak di barat laut Brussels. Dia meraih 28,38 persen dalam pemungutan suara yang selesai dihitung pada hari Minggu (14/10/2018).


"Untuk kalian yang ada di luar negeri, dia adalah walikota berkulit hitam pertama di Belgia," ucap Kompany dalam sebuah video yang dia unggah di Instagram. "Tidak pernah terjadi sebelumnya. Ini sejarah."

"Kami semua gembira. Selamat untuk ayahku," kata bek tengah sekaligus kapten Manchester City itu. Demikian diwartakan BBC.

Pierre adalah seorang insinyur mekanik yang lahir di Kongo. Pada 1975, Pierre berimigrasi ke Belgia sebagai seorang pengungsi.


Pierre memulai karier politiknya pada 2006 saat menjadi anggota dewan. Pada 2014, Pierre kemudian terpilih untuk menduduki satu kursi di Parlemen Brussels.

Kompany sendiri kini sedang menanti kejelasan masa depannya di City. Pemain berusia 32 tahun itu memasuki tahun terakhir di kontraknya dan berharap dipertahankan.


(rin/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed