sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 25 Nov 2018 12:55 WIB

Makna Coretan Merah di Pipi Bintang-Bintang Serie A

Lucas Aditya - detikSport
Juventus dengan tanda merah di pipi. (Foto: Massimo Pinca/Reuters)
Jakarta - Bintang-bintang Serie A memakai coretan di pipi pada pekan ke-13. Tanda itu ternyata merupakan partisipasi sebuah kampanye, tentang apa?

Cristiano Ronaldo, Paulo Dyala, Giorgio Chiellini, dan Marek Hamsik merupakan deretan bintang yang menandai pipinya dengan coretan merah.

Coretan merupakan bentuk partisipasi dari kampanye penanggulangan kekerasan terhadap wanita. Lembaga swadaya masyarakat WeWorld Onlus yang menjadi pemrakarsanya.




Dalam hari peringatan mengenai pemerangan tindak kekerasan pada wanita itu, para kaum perempuan juga datang ke tribune stadion dengan kaos hitam. Warna hitam itu sebagai tanda partisipasi dalam kampanye yang sama.

Sebelumnya, beberapa eks pemain yang berkiprah di Serie A, Franco Baresi dan Francesco Toldo, juga sudah melakukan hal yang sama. Akun Twitter dari WeWorld Onlus yang mengunggah foto itu.

"Kekerasan itu merupakan permasalahan budaya. Agar bisa menyelesaikan masalah ini, anak-anak kita harus bisa memikirkan nilai yang benar dan mereka harus menunjukkan respek," kata Toldo seperti dilansir oleh Daily Mail.

Otoritas Serie A mendukung gerakan ini sejak bulan April lalu. Saat itu, kiper Juventus, Gianluigi Buffon, juga ambil bagian dalam gerakan sosial ini.


(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com