sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 02 Mar 2019 03:42 WIB

Adele dan James Bond Menyelamatkan Pochettino di Inggris

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Adele membantu Mauricio Pochettino belajar bahasa Inggris (REUTERS/Mike Blake) Adele membantu Mauricio Pochettino belajar bahasa Inggris (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta - Kalau bukan karena Adele dan James Bond, Mauricio Pochettino mungkin tak akan sesukses saat ini bersama Tottenham Hotspur. Dua ikon pop Inggris itu membantunya belajar bahasa Inggris.

Mauricio Pochettino bisa dibilang sebagai salah satu manager terbaik di Liga Inggris saat ini. Walau belum pernah merengkuh gelar bergengsi, ia mampu menyulap Tottenham Hotspur manjadi kandidat kuat peraih gelar Liga Premier dalam bebarapa musim terakhir.

Pria asal Argentina ini juga punya kemampuan luar biasa dalam mengorbitkan pemain muda Inggris. Harry Kane, Delle Ali serta Kieran Tripper adalah bukti tangan dingin Pochettino.



Namun di balik itu semua, pria 46 tahun ini ternyata sempat kesulitan beradaptasi di Inggris. Terutama saat ia pertama kali tiba di Negeri Elizabeth pada 2013 untuk menangani Southampton.

Kala itu Pochettino yang datang dari Espanyol tak punya kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Hal tersebut membuatnya kesulitan untuk berkomunikasi.

"Saya ingat malam pertama di hotel di Southampton, itu hari Jumat dan hari berikutnya akan menjadi sesi latihan pertama. Saya sangat gelisah, bolak-balik, dan tidak bisa menutup mata. Saya mengambil telepon saya, tepat sebelum jam 4 pagi, dan saya mengirim WhatsApp ke asisten pelatih, Jesus Perez: 'Apakah kamu bangun?' turur Pochettino dilansir dilansir dari The Sun

"Segera ada jawaban, 'Ya', jadi saya katakan padanya, 'Ok, datang ke kamar saya, kita bicara'. Dia datang dan saya memandangnya dan hanya berkata 'Yesus besok."

"Aku tidak tahu harus berbuat apa. Aku tidak bisa mengatakan sepatah kata pun dalam bahasa Inggris dan aku harus menempatkan diriku di depan sekitar 50 orang termasuk Presiden klub. Aku gemetaran," tuturnya menceritakan masa lalunya.



Pria kelahiran Murphy ini kemudian berusaha untuk menjalani kursus Bahasa Inggris untuk mempermudah adaptasi. Tapi pada awalnya Pochettino teramat bosan dengan motode pengajaran sang guru.

Semuanya berubah saat sang guru memberikan pelajaran bahasa Inggris dengan media lagu. Ia diminta untuk mendengarkan lagu milik Adele yang berjudul Skyfall, salah original soundtrack film James Bond dengan judul yang sama.

"Istri saya menemukan guru bahasa Inggris untuk saya dan sesi pertama - dua jam - sangat membosankan. Guru itu berkata, 'Ok, kita akan mencoba sesuatu yang sedikit berbeda, mari kita belajar dengan sebuah lagu", ujar mantan pelatih Espanyol ini.

"Dia memakai lagu Adele - Skyfall, yang sangat rumit - seperti yang dapat Anda bayangkan - jika Anda tidak tahu apa-apa tentang bahasa Inggris. Tapi setiap kali aku mendengar Skyfall sekarang, aku selalu memikirkan itu dan tersenyum," ungkapnya.



"Aku hanya memiliki satu pelajaran dan kupikir itu hal yang mustahil. Aku tidak akan bisa menguasai bahasa ini."

Perlahan dengan kemampuan Bahasa Inggris Pochettino yang mulai membaik kariernya di Southampton berjalan cukup mulus. Ia mampu mengantarkan The Saint finis di urutan ke delapan di musim perdananya.

Torehan tersebut membuat Tottenham kemudian kepincut untuk meminang Pochettino di musim panas 2014. (din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com