sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 23 Agu 2019 05:45 WIB

Ronaldo: Selamatkan Amazon, Selamatkan Bumi!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Cristiano Ronaldo turut prihatin dengan kebakaran hutan Amazon (Reuters) Cristiano Ronaldo turut prihatin dengan kebakaran hutan Amazon (Reuters)
Turin - Kebakaran hebat di hutan Amazon mengundang keprihatinan masyarakat, termasuk Cristiano Ronaldo. Dia meminta warga dunia menjaga kelestarian hutan itu.

Hutan Amazon sedang mengalami puncaknya tahun ini. Kurang lebih ada sekitar 73 ribu titik api yang merupakan jumlah tertinggi sejak 2013.

Dalam beberapa hari terakhir, asap tebal menyelimuti beberapa kota di Brasil, salah satunya adalah Sao Paulo. Akibatnya, beberapa penerbangan komersial dialihkan.

Atas kebakaran ini, deforestasi atau pembukaan lahan baru untuk para penebang kayu serta petani dituding jadi penyebab utamanya. Selain itu, musim kering yang terjadi di Brasil saat ini juga mempercepat pembakaran hutan.






Hal ini membuat Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, dikritik habis-habisan karena kebijakannya mengizinkan pembukaan lahan baru. Tapi, Bolsonaro cuek dan tetap bersikukuh pada keputusannya itu.

Kebakaran Amazon ini tentu mengundang perhatian dunia mengingat hutan itu adalah penyangga 20 persen oksigen bumi. Keprihatinan pun muncul dari berbagai pihak, termasuk Ronaldo.

Pesepakbola Portugal yang bermain di Juventus itu meminta masyarakat dunia, khususnya Brasil, untuk berdoa agar kebakaran hutan ini secepatnya teratasi. Selain itu, Ronaldo juga mengharapkan agar orang-orang mau menjaga kelestarian Amazon.

"Hutan hujan Amazon menyediakan 20 persen oksigen dunia dan sudah terbakar dalam tiga minggu terakhir. Ini jadi tanggung jawab kita untuk menyelamatkan planet ini. #prayforamazonia," ujar Ronaldo dalam unggahan di akun media sosialnya.



[Gambas:Instagram]




Yuk, mari sama-sama kita jaga lingkungan masing-masing.




Simak Video "Duka Cristiano Ronaldo Atas Kebakaran Hutan Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com