Kartel Sinaloa Mengamuk, Laga Sepakbola di Meksiko Terganggu

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 18 Okt 2019 16:02 WIB
Salah satu ulah kartel Sinaloa yang membakar bus-bus di jalan raya. (Foto: REUTERS/Jesus Bustamante)
Culiacan - Kartel Sinaloa mengamuk di kota Culiacan, Meksiko. Alhasil, laga Dorados vs Atlante di divisi dua harus ditunda.

Pada Kamis (18/10/2019) waktu setempat, Kartel Sinaloa, sindikat kriminal terkemuka di Meksiko, mengamuk. Anggotanya berkeliaran di pusat kota dengan melepaskan tembakan.

Penyebabnya adalah polisi militer berhasil meringkus Ovidio Guzman Lopez, anak dari legenda gembong narkoba Meksiko Joaquin Guzman atau El Chapo. Kartel Sinaloa pun mengamuk, di mana Ovidio ditengarai punya peranan penting di tubuh sindikat kriminal yang sudah beroperasi sejak 1980 itu.




Kartel Sinaloa menghujani tembakan ke penjuru kota. Tak cuma itu, mereka membakar mobil-mobil dan kendaraan lainnya di jalan raya sehingga menimbulkan kepanikan.

Kondisi mencekam tersebut membuat salah satu pertandingan sepakbola di Meksiko terhenti. Adalah pertandingan Dorados de Sinaloa vs Atlante yang terpaksa dibatalkan.

Dorados, yang sempat dilatih Diego Maradona, dijadwalkan menjamu Atlante di Estadio Banorte, pada Kamis sore. Namun aksi kartel Sinaloa, yang sejak siang menembaki para polisi, membuat Ascenso MX membatalkan pertandingannya.

Dilansir ESPN, tim Atlante sedianya sudah siap bertanding. Mereka sudah tiba di hotel dan sedang makan siang, sampai akhirnya suara tembakan-tembakan membuat laga dibatalkan.

"Membatalkan pertandingan adalah hal yang sensitif dilakukan. Kami semua berada di hotel tim dan semua keluarga kami terjaga dengan baik, terima kasih tuhan," kata pelatih Dorados Jose Guadalupe Cruz.

Amuk kartel Sinaloa sendiri membuat pemerintah Meksiko akhirnya melepas Ovidio. Menteri keamanan Alfonso Durazo mengatakan kepada Reuters bahwa keputusan itu diambil untuk menghindari korban jiwa.




Simak Video "Arsenal Akan Cuci Gudang, Final Liga Champions Didesak Untuk Dipindah"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)