sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 23 Mar 2020 12:08 WIB

Cerita John Terry: Mourinho Ubah Cara Berpikir Chelsea

Afif Farhan - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - FEBRUARY 16: Jose Mourinho, Manager of Tottenham Hotspur shares a joke with Aston Villa assistant Manager John Terry during the Premier League match between Aston Villa and Tottenham Hotspur at Villa Park on February 16, 2020 in Birmingham, United Kingdom. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Cerita John Terry: Mourinho Ubah Cara Berpikir Chelsea (Getty Images/Laurence Griffiths)
Jakarta -

Dua kali masa melatih, Jose Mourinho mempersembahkan sembilan gelar di Chelsea. Mantan pemain Chelsea, John Terry punya cerita menarik tentang Mourinho.

Beberapa gelar yang diraih semasa Jose Mourinho melatih Chelsea di antaranya tiga kali titel juara Premier League, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Community Shield. Orang Portugal itu terbilang sukses di Chelsea.

Beberapa pemain-pemain besar lahir dari polesannya, sebut saja Petr Cech, John Terry, Frank Lampard, sampai Didier Drogba. Meski begitu jalan Mourinho di Chelsea tak selamanya mulus dan kini dia pun menyeberang ke sang rival, Tottenham Hotspur.



Dilansir talkSport, mantan pemain yang juga disebut legenda Chelsea, John Terry bercertia soal Jose Mourinho. Bukan soal taktik dan strategi, tapi bagaimana Mourinho mengubah mentalitas Chelsea.

Mourinho pertama kali datang ke Chelsea di musim 2004/2005. Juara Premier League langsung diraihnya, yang mana kembali didapat The Blues setelah 50 tahun silam lalu.

"Jose Mourinho adalah orang yang pertama kali merevolusi segala hal di Chelsea dan mengubah cara berpikir kami semua," kata Terry membuka cerita.



Jose Mourinho tengah saat menjabat sebagai manajer Chelsea di musim pertamanya 2004/2005Jose Mourinho tengah saat menjabat sebagai manajer Chelsea di musim pertamanya 2004/2005 Foto: (Getty Images/Ben Radford)





Terry menjelaskan, Mourinho membawa rasa percaya diri yang kuat di dalam tim. Kerja keras dan piala, hanya itu yang tampaknya selalu ada di pikiran Mourinho dan terus-menrus disampaikan ke para pemainnya.

"Di sesi latihan, Mourinho punya visi permainan, analisis, dan mentalitas. Dia punya banyak hal untuk diajarkan," terang Terry.

"Misalnya dia pernah bilang seorang pianis tidak akan jauh dari pianonya. Ya, sama seperti kami pemain bola yang tidak boleh jauh dari bola. Mourinho mau kami terus menguasai bola dan merebutnya dengan cepat dari lawan. Secara psikologis Mourinho sudah menguasai para pemainnya," lanjut Terry.



Jose Mourinho dan John TerryJose Mourinho dan John Terry (Getty Images/Clive Mason)



Maka bagi John terry, era Jose Mourinho menjadi manajer Chelsea merupakan salah satu periode emas baginya. Terry belajar banyak hal dari Mourinho, yang kini jadi modal bagus untuk dirinya yang sedang meniti karir sebagai pelatih.



Simak Video "Tak Disebut di Buku Wenger, Mourinho: Dia Tak Pernah Mengalahkanku"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com