sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 29 Mar 2020 20:19 WIB

Patung Kocak Cristiano Ronaldo dalam Kenangan

Kris Fathoni W - detikSport
Bandara Aeroporto Cristiano Ronaldo telah diresmikan. Sialnya patung kepala CR7 justru lebih menyita perhatian. Patung itu diolok-olok di media sosial. Patung Kocak Cristiano Ronaldo dalam Kenangan. (Foto: Reuters)
Jakarta -

Tepat tiga tahun silam pada hari ini, Minggu (29/3), Cristiano Ronaldo mendapat kehormatan besar di kampung halamannya. Tapi yang bikin heboh justru sebuah patung kocak.

Cristiano Ronaldo bukan cuma pesepakbola. Ia punya segondol titel dan gelar juara, baik di level klub maupun internasional. Termasuk di antaranya membantu negaranya, Portugal, menjuarai Piala Eropa 2016.

Tak ayal Cristiano Ronaldo adalah kebanggaan dari Funchal, Madeira, tempatnya dilahirkan. Hal itu pula yang membuat otoritas setempat memutuskan untuk melekatkan namanya ke bandara di Madeira.

Dari nama yang tadinya biasa-biasa saja, Madeira Airport (Bandara Madeira) diputuskan bakal berganti jadi Madeira International Airport Cristiano Ronaldo (Aeroporto Internacional da Madeira Cristiano Ronaldo).

Selepas keputusan itu lahir di tahun 2016, gong pergantian nama terjadi pada 29 Maret 2017. Momen istimewa tepat tiga tahun silam itu bahkan dihadiri Presiden Portugal Marcelo Robeli de Sousa, yang meresmikan pergantian nama bandara tersebut.

Pada momen istimewa itu dipamerkan pula sebuah patung wajah Cristiano Ronaldo. Di sinilah banyak orang yang malah lebih fokus ke patung itu -- terutama di jagat maya. Bukan apa-apa, patungnya terbilang punya ekspresi kocak dan bahkan kurang mirip aslinya.

Patung Kocak Cristiano Ronaldo dalam KenanganPatung kocak Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)

Penampakan patung kocak Cristiano Ronaldo itu viral. Kelakar dan meme soal patung tersebut bermunculan. Ingar-bingar soal patung bagaikan menyaingi pemberitaan utama terkait ganti nama bandara.

Emmanuel Santos, seniman pembuat patung itu, sampai membela diri. Dalam wawancara beberapa saat setelah kemunculan patung tersebut, ia bersikeras Ronaldo asyik-asyik saja dengan wujud patung dirinya.

"Ia cuma minta sedikit kerutan untuk diubah, yang memperlihatkan ekspresi tertentu di wajahnya ketika ia hendak tertawa. Ia bilang itu membuatnya terlihat lebih tua dan minta agar dirampingkan sedikit agar lebih mulus dan tampak riang," katanya saat itu.

Setahun berselang, di tahun 2018, media Bleacher Report "menantang" Emanuel Santos untuk bikin patung baru. Ia pun menjawab tantangan tersebut dengan menghasilkan karya yang lebih mirip dengan Ronaldo.

Tapi patung Ronaldo yang kedua hasil karya Emanuel Santos ini tidak pernah dipergunakan secara resmi di bandara Madeira. Pada 15 Juni 2018, Aeroporto Internacional da Madeira Cristiano Ronaldo justru memajang patung karya seniman lain.

Kehadiran patung baru tersebut sekaligus mengakhiri riwayat dari sebuah patung ikonik, nan kocak, yang sudah sedemikian mencuri perhatian tepat tiga tahun lalu pada hari ini.



Simak Video "Ronaldo Kembali Berlatih Bareng Juventus"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com