sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 30 Agu 2020 14:30 WIB

Viral Mural Messi Tinggalkan Barca, Disamakan dengan Che Guevara

Bayu Baskoro - detikSport
BARCELONA, SPAIN - JULY 16: Lionel Messi of FC Barcelona shows his disappointment during the Liga match between FC Barcelona and CA Osasuna at Camp Nou on July 16, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Gambar mural Lionel Messi mirip Che Guevara di Barcelona viral. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Sebuah mural yang menampilkan Lionel Messi meninggalkan Barcelona viral di media sosial. Pada gambar tersebut, La Pulga dibuat mirip seperti Che Guevara.

Messi kabarnya sudah menuju pintu keluar Barcelona. Pemain asal Argentina itu telah mengirimkan surat permohonan agar kontraknya segera diputus sebelum habis pada 2021.

Berita soal Messi yang telah menyatakan keinginannya angkat kaki dari Barcelona kemudian menjadi inspirasi salah satu seniman Spanyol bernama TVBoy. Dia melukiskan gambar mural kapten Blaugrana itu di salah satu kotak listrik di pusat Plaza Catalunya, Kota Barcelona.

Menariknya dalam gambar tersebut, Lionel Messi digambarkan menyerupai tokoh komunis internasional, Che Guevara. Sosok pemain 33 tahun itu dilukiskan memakai topi baret dengan bintang merah di tengahnya, mengenakan seragam pejuang revolusi Kuba berwarna hijau, serta mengisap cerutu layaknya El Comandante Guevara.

Tidak hanya dibuat mirip dengan Guevara, Messi turut digambarkan memegang koper dengan berbagai lencana negara yang melambangkan klub-klub yang bisa menjadi tujuan La Pulga. Ada tiga negara yang dimunculkan, yakni Prancis (Paris Saint-Germain), Italia (Inter Milan) dan Inggris (Manchester City).


"Hasta Siempre Comandante (Sampai Selamanya, Komandan)," begitu isi cuitan TVBoy via akun Twitter-nya yang menampilkan mural Lionel Messi bergaya Che Guevara.

Gambar mural karya TVBoy itu kemudian menjadi viral di media sosial. Tidak sedikit penggemar Messi dan Barcelona yang memberikan apresiasi atas karyanya tersebut.

Melansir La Nacion, TVBoy membuat mural Messi sedemikian rupa sebagai bentuk penghormatannya kepada peraih enam Ballon d'Or itu. Sosok Messi yang disamakan sebagai Guevara tidak dimaksudkan untuk hal-hal politis, melainkan lebih karena jebolan La Masia tersebut sudah dianggap sebagai El Comandante alias 'komandan' Barcelona.

Ini bukan kali pertama sosok Messi disamakan dengan Guevara. Sebelumnya pada akhir Maret 2020, majalah L'Equipe dari Prancis menampilkan cover wajah Messi yang ditempelkan ke foto pejuang gerilya asal Argentina itu kala membahas soal isu pemotongan gaji pemain Barcelona.

Kala itu, Messi mengritik keputusan manajemen Barcelona yang menekan pemainnya untuk memotong gaji sebesar 70 persen di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Padahal, dia dan seluruh rekan setimnya telah bersedia memangkas pendapatannya demi bisa membantu keuangan seluruh pekerja klub.

Lionel Messi dan Che Guevara diketahui juga memiliki persamaan lain. Keduanya sama-sama dilahirkan di Rosario, Argentina.



Simak Video "Messi Mau Hengkang, Fans Barcelona Unjuk Rasa di Camp Nou"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com