sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 31 Agu 2020 20:50 WIB

Rui Pinto Penyebab Cristiano Ronaldo Hengkang dari Madrid?

Bayu Baskoro - detikSport
(FILES) In this file photo taken on March 5, 2019 Football Leaks whistleblower Rui Pinto arrives at the Metropolitan Court in Budapest, Hungary, for his trial. - The Portuguese Rui Pinto, Rui Pinto dituding bertanggung jawab atas kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. (Foto: Photo by FERENC ISZA / AFP)
Madrid -

Peretas kondang Rui Pinto dituding bertanggung jawab atas kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Dia membongkar kasus penggelapan pajak CR7 di Spanyol.

Pinto merupakan pendiri situs Football Leaks yang kerap mengungkapkan berbagai temuan yang didapatkannya dari hasil meretas laman dan surel berbagai klub top Eropa. Total sekitar 70 juta dokumen yang diretasnya sejak 2016 dibocorkan ke publik.

Salah satu hasil temuan terbesarnya adalah penggelembungan dana sponsor Manchester City selama periode 2012-2016. Temuan Pinto tersebut membuat The Citizens disanksi larangan bertanding di Eropa oleh UEFA, meski akhirnya klub asal Manchester itu lolos dari hukuman setelah mengajukan banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Akibat perbuatannya meretas berbagai klub top Eropa, Rui Pinto dijebloskan ke penjara dengan dakwaan melanggar privasi. Pria asal Portugal itu mendekam di jeruji besi pada Maret 2019 dan menjalani tahanan rumah sejak April lalu.

Melansir laporan Sport, Pinto akan mendapat pembebasan sementara dari pengadilan Portugal setelah dia sepakat ingin mengirimkan delapan hard drive berisi informasi yang relevan dengan kasus yang menimpanya. Rencana pembebasan tersebut kabarnya ditentang Real Madrid, yang meminta pengadilan tetap melanjutkan kasus peretasan yang dilakukan Pinto.

Madrid bukan tanpa alasan meminta agar Pinto tetap dihukum atas perbuatannya. Los Blancos menjadi salah satu klub yang ikut menjadi korban peretasan pria 31 tahun tersebut.

Pinto bahkan turut membobol laporan keuangan Cristiano Ronaldo saat bintang asal Portugal itu masih bermain di Madrid. Hasil peretasannya itu menunjukkan CR7 terbukti melakukan penggelapan pajak selama empat tahun antara 2011-2014 dengan total mencapai hampir 15 juta euro.

Tindakan kriminal tersebut membuat Ronaldo dijatuhi hukuman penjara 23 bulan oleh pengadilan Spanyol pada awal tahun 2019. Bintang 35 tahun itu pada akhirnya berhasil lolos dari penjara setelah membayar denda sebesar 20 juta euro.

Dalam pandangan Real Madrid, hasil retasan Rui Pinto itulah yang memicu Cristiano Ronaldo meninggalkan Santiago Bernabeu pada musim panas 2018 dan mencari klub baru. Kapten Timnas Portugal tersebut akhirnya melanjutkan kariernya di Juventus dan tetap bertahan di Turin hingga sekarang.



Simak Video "Alvaro Morata Resmi Balikan dengan Juventus"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com