sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 01 Sep 2020 04:08 WIB

Wow! Fans Stuttgart Galang Dana demi Tebus Lionel Messi

Bayu Baskoro - detikSport
Lionel Messi Penggemar VfB Stuttgart berdonasi demi bisa menebus klausa rilis Lionel Messi. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Stuttgart -

Lionel Messi dipagari Barcelona dengan harga fantastis jika mau keluar dari Blaugrana. Fans VfB Stuttgart menghimpun dana agar klubnya bisa membeli La Pulga.

Messi sudah menyatakan keinginannya angkat kaki dari Barcelona. Pemain 33 tahun itu mengajukan klausa khusus yang dimilikinya untuk bisa hengkang secara cuma-cuma, serta meminta manajemen klub memutus kontraknya lebih awal, atau sebelum habis pada 2021.

Kendati demikian, Barcelona menegaskan jika klausa bebas hengkang milik Messi sudah tak berlaku lagi sejak Juli 2020. Klub asal Catalunya itu kini memagari kaptennya tersebut dengan klausa pelepasan di kontraknya.

Dalam klausa rilis tersebut, Messi baru bisa hengkang dari klub apabila ada klub yang mau membayarkan uang pelepasan sebesar 700 juta euro (Rp 12 triliun). Perjanjian kontrak tersebut turut dibenarkan pihak LaLiga, yang menyebut peraih enam Ballon d'Or itu diizinkan pindah tim jika ada peminat yang bersedia menebusnya dengan harga sedemikian rupa.

700 juta euro jelas merupakan nilai fantastis dan butuh kekuatan ekonomi yang kuat bagi sebuah klub yang ingin merekrut Messi. Meski begitu, hal tersebut tak menurunkan tekad Tim Artmann, salah seorang suporter Stuttgart, yang berharap tim idolanya bisa membeli bintang asal Argentina itu.

Melansir Daily Mail, Artmann membuka penggalangan dana via laman GoFundMe yang mengajak seluruh penggemar tim asal Jerman itu berdonasi demi bisa membeli Lionel Messi. Dia menargetkan uang yang bisa terkumpul mencapai 900 juta euro (sekitar Rp 15,6 triliun).



Dalam keterangannya, Artmann mengungkapkan jika nantinya jumlah uang yang ditargetkan tidak tercapai tepat waktu, maka dana-dana yang sudah terkumpul akan disumbangkan ke lembaga amal penyedia air bersih, Viva Con Agua. Hal yang sama berlaku apabila Messi sudah lebih dulu menekan kontrak ke klub lain.

"Kami penggemar VfB mengumpulkan uang untuk membayar transfer Lionel Messi. Jika jumlah yang ditargetkan tidak tercapai tepat waktu atau Lionel Messi bergabung dengan klub lain, maka 100 persen uang yang terkumpul akan disumbangkan ke Viva con Agua," begitu isi kutipan yang dituliskan Artmann di laman GoFundMe.

Penggemar VfB Stuttgart menggalang dana demi bisa menebus klausa rilis Lionel Messi dari Barcelona.Penggemar VfB Stuttgart menggalang dana demi bisa menebus klausa rilis Lionel Messi dari Barcelona. (Foto: dok. GoFundMe)

Artmann sudah mulai membuka donasinya sejak Rabu (26/8/2020). Dalam pantauan detikSport di laman GoFundMe pada Senin (31/8) malam WIB, uang yang sudah terkumpul saat ini baru mencapai 424 euro (sekitar Rp 7,4 juta) yang berasal dari 26 donatur.

Waduh, sepertinya perlu usaha lebih nih buat Artmann demi bisa mengumpulkan 900 juta euro dan menebus Lionel Messi!

(bay/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com