Cristiano Ronaldo Pesepakbola Terkaya, Duitnya dari Mana Saja?

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 24 Sep 2021 19:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 11: Cristiano Ronaldo of Manchester United applauds the fans as he warms up prior to the Premier League match between Manchester United and Newcastle United at Old Trafford on September 11, 2021 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Cristiano Ronaldo Pesepakbola Terkaya, Duitnya dari Mana Saja? (Getty Images)
Manchester -

Cristiano Ronaldo didaulat jadi pesepakbola terkaya di tahun 2021 versi Forbes. Total kekayaannya Rp 1,7 triliun, duitnya dari mana ya?

Forbes baru-baru ini melansir daftar pesepakbola terkaya di dunia tahun 2021. Cristiano Ronaldo jadi juaranya dengan total kekayaan sebesar 125 juta USD (belum dipotong pajak) atau setara Rp 1,7 triliun!

Ronaldo unggul tipis dari Lionel Messi di tempat kedua dengan total kekayaan 110 juta USD atau setara Rp 1,5 triliun. Padahal tahun lalu, Messi unggul di atas Ronaldo.

MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 11: Cristiano Ronaldo of Manchester United reacts as he holds the match ball during the Premier League match between Manchester United and Newcastle United at Old Trafford on September 11, 2021 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)Cristiano Ronaldo jadi pesepakbola terkaya di tahun 2021 ini (Getty Images/Laurence Griffiths)

Lantas, dari mana pundi-pundi kekayaan Cristiano Ronaldo berasal?

Forbes melakukan penilaian dengan dua aspek yakni dari gaji per tahun di klub dan juga dari sisi endorsements. Ronaldo mendapat gaji di Manchester United sebesar 70 juta USD atau setara Rp 999 miliar.

Dari endorsements, Ronaldo mendapat cuan sebesar 55 juta USD atau setara Rp 785 miliar.

Cristiano Ronaldo merupakan brand ambassador dari Nike, Herbalife, Free Firedan Clear. Tak cuma itu, Ronaldo juga punya brand sendiri bernama CR7.

Brand Ronaldo tersebut berupa hotel, parfum, gym, kacamata, jeans, sampai pakaian dalam. Bahkan, Ronaldo masuk dalam daftar atlet yang masih aktif dengan pendapatan besar dari brand pribadi.

Ronaldo cuma kalah dari Roger Federer (90 juta USD), LeBron James (65 juta USD) and Tiger Woods (60 juta USD) dari pendapatan hasil brand komersial sendiri. Akan tetapi, brand CR7 diyakini akan lebih meraup untung besar di tahun-tahun mendatang.

Tak ayal, Ronaldo masih aktif bermain di usia 36 tahun. Apalagi, Ronaldo masih bermain di level tertinggi di Liga Inggris!

[Gambas:Instagram]

Cristiano Ronaldo juga merajai media sosial dengan punya followers di angka ratusan juta. Instagram Ronaldo followers-nya 344 juta, Facebook-nya 149 juta followers, dan Twitter-nya punya 94 juta Followers.

Bahkan, harga iklan di sekali posting-an Ronaldo mencapai angka sedikitnya Rp 17 miliar!

Ronaldo memang suka berinvestasi, meski gaya hidupnya tidak jauh dari kata mewah. Ronaldo gemar mengoleksi mobil sport sampai punya jet pribadi sendiri.

(aff/pur)