Popularitas Haaland Bikin Halland Jadi Terabaikan

ADVERTISEMENT

Popularitas Haaland Bikin Halland Jadi Terabaikan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 05 Nov 2022 01:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 22: Erling Haaland of Manchester City during the Premier League match between Manchester City and Brighton & Hove Albion at Etihad Stadium on October 22, 2022 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Visionhaus/Getty Images)
Ramainya pencarian Haaland di internet ternyata berdampak terhadap kawasan wisata di Swedia yang bernama mirip. Foto: Visionhaus/Getty Images/Visionhaus
Jakarta -

Popularitas Erling Haaland belakangan ini ternyata berdampak pada salah satu provinsi di Swedia, yakni Halland. Pencarian terkait kawasan wisata itu di internet malah diarahkan ke berita seputar bomber Manchester City tersebut.

Dilaporkan BBC, badan pariwisata setempat telah mengeluarkan surat terbuka kepada para pecinta sepakbola yang berselancar di internet agar menuliskan nama Haaland dengan benar, yaitu Haaland, bukan Halland.

"Kami Halland. Dia Haaland. Popularitas sang fenomena sepakbola telah mencekik eksistensi kami di internet," tulis Direktur Visit Halland, Jimmy Sandberg.

"Satu yang membuat kami putus asa yakni segala upaya kami untuk mempromosikan Halland jadi cepat terhapus. Jika tak ada yang dilakukan, kami khawatir kawasan kami yang indah akan seperti Atlantis yang terlupakan, tempat yang hanya dikenal lewat cerita," jelasnya.

Wajar bila Sandberg khawatir. Ketika detikSport mencoba mengetik kata 'Halland' dalam pencarian google, topik utama yang langsung muncul adalah soal Erling Haaland, striker Norwegia yang sudah mencetak 22 gol bersama Man City musim ini.

Bahkan saat mengetik Halland di media sosial seperti twitter dan instagram, yang muncul di bagian atas adalah bahasan terkait Haaland. Upaya untuk menemukan Halland yang sebenarnya di google baru berhasil jika menggunakan kata 'Halland Sweden'.

Halland merupakan provinsi di Swedia bagian selatan yang rutin dikunjungi turis, termasuk dari Norwegia, negara asal Haaland. Kawasan berpopulasi sekitar 300 ribu jiwa itu terkenal dengan kuliner yang kaya, pantai yang indah, dan menawarkan aktivitas outdoor yang beragam, mulai dari bersepeda hingga berselancar.

Gimana, detikers? Jangan lupa tulis nama yang benar sesuai topik yang mau dicari, ya. Haaland untuk sepakbola, Halland untuk berwisata.

(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT