Dinho Bikin Seaman Termangu (2002)

ADVERTISEMENT

Dinho Bikin Seaman Termangu (2002)

- Sepakbola
Jumat, 28 Mei 2010 10:56 WIB
Jakarta - Masih ingat dengan free kick Ronaldinho yang menjebol gawang David Seaman di Piala Dunia 2002? Bagi Seaman itu adalah momen istimewa dalam 22 tahun karirnya sebagai penjaga gawang.

Laga perempatfinal tanggal 22 Juni dan skor 1-1 ketika pertandingan antara Inggris dan Brasil memasuki menit ke-50. Terjadi pelanggaran di sisi kiri pertahanan Inggris dan membuahkan tendangan bebas bagi Brasil.

Ronaldinho berdiri sebagai eksekutor dan Seaman bersiap mengamankan gawangnya. Melihat Seaman sedikit keluar dari sarangnya, Dinho dengan cerdik melambungkan bola ke pojok kanan atas gawang. Seaman yang berusaha meraihnya pun hanya mampu terpaku melihat bola bergulir ke gawangya.

Hasilnya adalah Brasil menang 2-1 dan melaju ke semifinal sementara Inggris harus kembali meratapi kegagalan. Kini delapan tahun berselang Seaman kembali menguak memori yang mungkin buruk bagi setiap orang mengalaminya.

Tapi sebaliknya hal itu dinilai Seaman sebagai momen yang paling mengesankan dalam karirnya karena dari situ ia bisa belajar mengeliminasi kekurangan sebagai seorang kiper untuk tampil lebih baik lagi.

"Bagi saya momen atau pertandingan yang paling mengesankan adalah saat laga Inggris versus Brasil di Piala Dunia 2002. Jelas dibobol melalui tendangan bebas seperti itu mengesalkan karena itu adalah salah saya. Namun dari situ saya banyak belajar," urai Seaman dalam perjumpaan dengan beberapa media termasuk detiksport di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (27/5/2010) siang WIB.

"Sesudah insiden tersebut saya dan tim memang merasa sedih karena tersingkir. Namun saya mampu bangkit dari kesalahan itu dan tampil baik dengan membawa Arsenal jadi juara Piala FA musim depan (2002/2003 -red)," lanjutnya.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT