DetikSepakbola
Jumat 24 Agustus 2018, 18:57 WIB

Asian Games 2018

Kalah Adu Penalti dari UEA, Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Kalah Adu Penalti dari UEA, Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Indonesia kalah adu penalti dari Uni Emirat Arab. (Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO/INASGOC)
Jakarta - Tim nasional Indonesia U-23 terhenti di babak 16 besar sepakbola Asian Games 2018. 'Garuda Muda' kalah 3-4 dalam babak adu penalti dari Uni Emirat Arab.

Dalam pertandingan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (24/8/2018) sore WIB, Indonesia dua kali tertinggal namun berhasil menyamakan jadi 2-2 di waktu normal. Penalti Zayed Alameri di menit ke-20 membuat timnas U-23 tertinggal 0-1 di babak pertama.

Beto Goncalves lantas menyamakan skor untuk 'Garuda Muda' di menit ke-52. Tapi penalti kedua Zayed di menit ke-65 kembali bikin Indonesia tertinggal.

Butuh gol, Indonesia menekan habis-habisan UEA di sisa waktu. Hasilnya Lilipaly menyamakan kedudukan secara dramatis di menit ke-94. Pertandingan lanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan, tak ada gol tercipta sehingga pemenang ditentukan lewat babak adu penalti. Indonesia kalah 3-4 setelah dua penendang gagal menceploskan bola, yakni Septian David Maulana dan Saddil Ramdani.

Sementara UEA cuma punya satu penendang gagal, yakni Abdalla Ghanim Alalawi. Penendang terakhir Abdulla Husain memastikan UEA melaju ke perempatfinal dan akan menghadapi pemenang antara Bangladesh vs Korea Utara.

Jalannya Pertandingan

UEA langsung berupaya mengontrol laga selepas kick-off. Dua percobaan dari Mohammed Almesmari dan Rashed Musabbah diamankan oleh kiper.

Indonesia menciptakan peluang bagus di menit keempat, saat sodoran Febri Hariyadi mengarah ke Beto Goncalves yang tak terkawal di dalam kotak penalti UEA. Tapi Beto gagal membelokkan bola ke gawang.

Sebuah umpan lambung menggoda dikiriman Evan Dimas dari sisi kiri dalam situasi tendangan bebas. Bola coba ditanduk Hansamu Yama, tapi cuma menyerempet kepalanya saja. Bola ditinju kiper UEA ke luar lapangan.

Indonesia dihukum penalti pada menit ke-19, setelah Zayed Alameri terjatuh di bawah tekanan Andy Setyo. Alameri sukses menceploskan bola ke dalam gawang dengan tembakan ke arah kiri.

UEA nyaris mencetak gol kedua di menit ke-23. Ali Alyahyaee menguasai bola di sisi kanan dan mengecoh Andy Setyo, lalu melepaskan tembakan. Upayanya masih melesat tipis ke atas mistar gawang.

Indonesia punya peluang bagus di menit ke-34. Beto menguasai bola di kiri dan menusuk, lalu mencoba mengoper ke tengah. Bola sempat membentur dua pemain UEA, tapi kemudian jatuh di kaki Lilipaly. Lilipaly menyambar bola namun upayanya melambung.

UEA kembali menekan. Umpan lambung dari kanan jatuh ke Mohammed Almesmari di tiang jauh. Tapi hasil tembakannya di bawah tekanan Hansamu melenceng.

Upaya Lilipaly dari tendangan bebas di menit ke-39 membentur pagar pemain. Upaya lanjutan dari Zulfiandi dari jarak jauh tak lama kemudian melenceng usai membentur pemain lawan. Sampai babak pertama berakhir, tak ada lagi gol tercipta.

Berawal dari serangan balik, Indonesia menyamakan kedudukan di menit ke-52. Septian David menguasai bola di sisi kiri, lalu melepaskan umpan lambung yang disambar Beto ke dalam gawang.

Percobaan Evan di menit ke-62 dari depan kotak penalti masih melenceng saja ke sisi kanan gawang UEA.

Indonesia kembali dihukum penalti di menit ke-64. Shaheen Aldarmki terjatuh di bawah tekanan Hansamu dan diganjar pelanggaran, sementara kontak yang terjadi minimal.

Zayed Alameri kembali jadi eksekutor dan sukses menjalankan penalti keduanya di laga ini.

Febri melepaskan tendangan jarak jauh di menit ke-69. Bola meluncur deras tapi masih tipis ke atas gawang.

Zulfiandi mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-78, namun masih tepat ke arah kiper. Sementara upaya Septian David Maulana di menit ke-84 melebar ke kiri.

Di masa injury time, Indonesia menyamakan kedudukan. Umpan silang Saddil dari kiri disambar Lilipaly di tiang dekat. Laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Indonesia menciptakan peluang bagus di menit ke-101 lewat Septian David. Tapi tembakannya masih bisa ditepis dan hanya menghasilkan korner.

UEA menekan di awal babak tambahan kedua lewat Almesmari. Tembakannya melebar. Tendangan bebas Alhashmi di menit ke-120 juga melenceng. Pertandingan pun ditentukan di babak adu penalti.

Di adu penalti, dua penendang Indonesia gagal. Sementara hanya satu penendang UEA yang gagal menceploskan bola ke gawang, yang memastikan kemenangan mereka.

Adu penalti:

Indonesia
Lilipaly - Gol
Septian David - Gagal
Beto - Gol
Saddil - Gagal
Hargianto - Gol


UEA
Alhashmi - Gol
Zayid - Gol
Aldhanhani - Gol
Alalawi - Gagal
Abdulla - Gol

Susunan pemain:

Indonesia: Andritany, Putu Gede, Andy Setyo (Septian David 46'), Zulfiandi, Evan Dimas (Hargianto 112'), Beto Goncalves, Lilipaly, Febri Hariyadi (Iham Udin 87'), Ricky Fajrin, Hansamu, Irfan (Saddil 69')

UEA: Alshamsi, Almehrzi, Alsharji, Alali, Aldhanhani, Alyahyaee (Alyahyaee 92'), Alattas (Abdulla 116'), Almesmari, Aldarmki (Alhashmi 76'), Alameri, Musabbah (Alalawi 57')


Seru! Pengunjung Padati Zona Bhin Bhin, Nobar Indonesia vs UEA, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Foto Sepakbola

    Milan Menang Berkat Higuain

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 10:41 WIB AC Milan meraih kemenangan di laga pertama Liga Europa 2018/2019. Gonzalo Higuain mencetak gol penentu kemenangan Rossoneri, yang berjuang keras malam tadi.
  • Fakhri Husaini: Sosok Ayah di Timnas U-16

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 13:28 WIB Fakhri Husaini dinilai bukan sekadar pelatih untuk para pemain tim nasional Indonesia U-16. Dia juga disebut sebagai sosok ayah.
  • Jelang West Ham vs Chelsea

    Sarri Mengejar Torehan Ancelotti dan Guardiola

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 12:50 WIB Laju sempurna Chelsea akan diuji di kandang West Ham. Andai menang, manajer Chelsea Maurizio Sarri akan menyamai rekor Carlo Ancelotti dan Josep Guardiola.
  • Jadwal Liga 1 Pekan Ke-23

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 11:51 WIB Liga 1 2018 telah memasuki pekan ke-23. Ada laga bigmatch yang mempertemukan Persib Bandung melawan Persija Jakarta.
  • Jadwal Liga Inggris Pekan Keenam

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 11:21 WIB Liga Inggris akan kembali bergulir. Meski tidak ada pertemuan antara tim besar, bukan berarti tidak akan ada kejutan.
  • Liga 1 Pekan Ini

    Persib vs Persija: Tensi Tinggi di Akhir Pekan

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 11:11 WIB Duel antara Persib Bandung vs Persija Jakarta terjadi akhir pekan ini. Pertandingan ini selalu jadi pusat perhatian karena kerap berjalan dengan tensi tinggi.
  • 20Detik

    Penampilan Baru Firmino yang Kini Berkacamata

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 11:34 WIB Penyerang Liverpool Roberto Firmino tampil berkacamata karena cedera pada mata kirinya. Kini pernampilannya disandingkan dengan legenda Juventus, Edgar Davids.
  • Jadwal Liga Spanyol Pekan Kelima

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 11:07 WIB Persaingan Barcelona dan Real Madrid berlanjut di akhir pekan ini. Atletico Madrid akan mencoba memperbaiki startnya.
  • Jadwal Liga Italia Pekan Kelima

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 10:53 WIB Juventus menjalani pekan ringan di markas Frosinone, sedang misi bangkit masih diusung AS Roma dan Inter Milan. Berikut jadwal Serie A pekan kelima.
  • Prediksi Piala Asia U-16: Iran vs Indonesia

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 08:50 WIB Timnas Indonesia U-16 akan melawan Iran di laga pertama Grup C Piala Asia 2018. Skuat Garuda Muda tak jadi unggulan di laga itu.
  • Cedera Bahu Pedro Tak Parah

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 09:25 WIB Fans Chelsea bisa bernapas lega terkait kondisi Pedro Rodriguez. Winger asal Spanyol itu dipastikan baik-baik saja usai mengalami cedera.
  • Pochettino Yakin Keran Gol Kane Akan Terbuka Lagi

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 08:37 WIB Performa Harry Kane tengah disorot karena sedang sulit bikin gol. Tapi, hal itu diyakini takkan berlangsung lama karena hal ini wajar untuk seorang striker.
  • Awal Mantap Real Madrid di Liga Champions

    Sepakbola | Kamis 20 September 2018, 09:34 WIB Juara bertahan Real Madrid memulai kiprahnya di Liga Champions 2018/2109 dengan meyakinkan. Menjamu semifinalis musim lalu, AS Roma, Madrid menang 3-0.
  • Morata Butuh Gol untuk Kembalikan Kepercayaan Diri

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 07:29 WIB Manajer Chelsea Maurizio Sarri puas dengan performa Alvaro Morata di laga melawan PAOK Salonika. Namun Sarri mengakui kepercayaan diri Morata sedang rendah.
  • Sepasang Gol yang Penting untuk Aubameyang

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 07:18 WIB Pierre-Emerick Aubameyang jadi bintang kemenangan Arsenal atas Vorskla lewat dua golnya. Diharapan setelah ini, Aubameyang bisa lebih moncer.
  • Penampilan The Gunners Nyaris Sempurna

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 06:34 WIB Manajer Arsenal, Unai Emery, menyebut timnya nyaris tampil sempurna sepanjang 90 menit. Sayangnya, dua gol Vorskla harus menodai performa oke The Gunners.
  • Hasil Liga Europa Tadi Malam

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 06:30 WIB Matchday 1 Liga Europa 2018/2019 sudah tuntas digelar. Berikut adalah hasil Liga Europa selengkapnya.
  • Dudelange Benar-benar Bikin Milan Kerepotan

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 05:53 WIB AC Milan cuma menang satu gol saat berhadapan dengan Dudelange di Liga Europa. Sang lawan yang berstatus debutan benar-benar menyulitkan Rossoneri.
  • Chelsea Kurang Insting Membunuh

    Sepakbola | Jumat 21 September 2018, 05:28 WIB Manajer Chelsea Maurizio Sarri tak sepenuhnya puas dengan kemenangan yang diraih timnya di Liga Europa. Masih ada kekurangan dalam performa Chelsea.