ADVERTISEMENT

Final AFF Suzuki Cup

Vietnam Permalukan Thailand 2-1

- Sepakbola
Rabu, 24 Des 2008 21:57 WIB
Bangkok - Vietnam tinggal selangkah lagi untuk meraih gelar juara Piala AFF. Bertandang ke Thailand di leg pertama laga final, Golden Star mempermalukan tuan rumah dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan ini Vietnam tinggal butuh hasil imbang di leg kedua untuk memastikan status sebagai juara Asia Tenggara. Misi yang mungkin tak akan terlalu sulit karena merekan akan bertanding di kandang sendiri.

Buat Nguyen Minh Phuong cs hasil ini sekaligus membalaskan kekalahan yang mereka terima atas tim yang sama di babak penyisihan grup. Kala itu Vietnam dipaksa menyerah dengan skor 0-2

Kondisi berseberangan harus dihadapi Tim Gajah Putih. Kalah di kandang sendiri membuat mereka wajib memetik kemenangan pada laga kedua yang akan dilangsungkan di Hanoi pada Minggu (28/12/2008) mendatang.

Bertanding di Rajamangala Stadium, Bangkok, Rabu (24/12/2008) malam WIB, Thailand yang lebih diunggulkan justru tertinggal lebih dulu. Saat laga babak pertama tersisa lima menit, Nguyen Vu Phong menjebol jala tuan rumah untuk mengubah kedudukan menjadi 0-1.

Keunggulan satu gol tersebut tak bertahan lama karena dua menit berselang tim tamu malah memperlebar keunggulan. Kali ini Le Cong Vinh yang membuat publik tuan rumah terbungkam.

Thailand yang mencoba bangkit di babak kedua mengalami kesulitan menembus pertahanan Vietnam. Gol yang memperkecil ketinggalan baru datang di menit 75, itupun lewat gol bunuh diri kiper  Duong Hong Son, setelah sundulan Ronnachai Rangsiyo mengenai tiang gawang tapi berbalik tak sengaja mengenai kakinya dan bola masuk ke jala.

Beberapa menit berselang publik tuan rumah sempat bersorak kegirangan saat gawang Vietnam bobol untuk kali kedua. Namun wasit membatalkan gol tersebut dengan alasan offside, walaupun dalam tayangan ulang sepertinya tidak.  (din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT