ADVERTISEMENT

Kim Jeffrey Resmi Jadi WNI

- Sepakbola
Senin, 20 Des 2010 20:41 WIB
Jakarta - Kim Jeffrey Kurniawan akhirnya diumumkan telah resmi menjadi warga negara Indonesia. Kim pun menjadi program naturalisasi pertama dari PSSI.

Hal itu disampaikan langsung oleh Nurdin dalam pertemuan dengan wartawan yang juga dihadiri langsung oleh Kim di Kantor PSSI, Senayan, Senin (20/12/2010) sore WIB. Kim sendiri resmi jadi WNI pada tanggal 6 Desember lalu.

Sebelumnya Kim berkewarganegaraan Jerman, negara asal Ibunya. Ia otomatis menjadi warga negara Jerman karena saat berumur 18 tahun ia tak memilih untuk menjadi WN Jerman atau Indonesia.

"Kim Jeffrey Kurniawan resmi jadi WNI sejak 6 Desember lalu. Untuk informasi saja Kim adalah program naturalisasi pertama PSSI karena sejak awal PSSI-lah yang menawarkan naturalisasi kepada Kim demi kepentingan bangsa dan negara. Walaupun Kim belum lima tahun tinggal di sini," tegas Nurdin.

Sebelumnya masyarakat Indonesia mengetahui jika Cristian Gonzales adalah pemain naturalisasi pertama di timnas Indonesia. Namun Nurdin menjelaskan jika bukan PSSI yang meminta Gonzales untuk jadi warga negara Indonesia, melainkan itu adalah keinginan pemain sendiri yang sudah tinggal di Indonesia sejak 2003. PSSI dalam hal ini hanya membantu proses Gonzales ke Departemen Hukum dan HAM.

"Gonzales (jadi WNI) adalah keinginan dia sendiri karena dia sudah cinta dengan Indonesia, beristrikan orang Indonesia dan punya anak di sini. Dua tahun lalu dia dan Iwan Budianto (eks Manajer Persik Kediri) datang ke rumah saya untuk minta dibantu supaya bisa jadi WNI," jelas Nurdin.

Lain pula dengan Irfan Bachdim yang memang sejak berumur 18 tahun, sudah memilih menjadi WNI meskipun ada darah Belanda mengalir dalam tubuhnya. Maka Irfan bisa dibilang adalah pemain keturunan dan bahkan sempat ikut seleksi timnas Asian Games 2006 di bawah asuhan Bambang Nurdiansyah yang sedang melakukan TC di Belanda, namun dicoret karena cedera.
(mrp/roz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT