sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 02 Apr 2011 00:43 WIB

Peraturan Pengajuan Balon Ketum PSSI Direvisi

- detikSport
Jakarta - Komite Pemilihan merevisi peraturan soal pengajuan bakal calon (balon) ketua umum PSSI. Bila sebelumnya disebutkan butuh 20 suara untuk mengajukan balon, kini satu suara sudah bisa untuk mengajukan nama.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh ketua Komite Pemilihan Harbiansyah Hanafi ketika dihubungi detikSport, Sabtu (2/4/2011) dinihari WIB.

"Kami banyak menerima masukan, SMS dari rekan-rekan wartawan dan masyarakat sepakbola, mereka meminta agar syarat soal pengajuan balon tersebut dibebaskan. Ada aspirasi, kalau memang menghendaki begitu kita turuti," jelas Harbiansyah.

Ia mengatakan setelah menerima banyak aspirasi tersebut, kemudian tim Komite Pemilihan menggelar rapat lagi mulai pukul 10 malam, Jumat (1/4/2011) kemarin. Pria yang juga ketua umum Persisam Samarinda itu menjelaskan bahwa rapat memakan waktu selama dua jam.

"Saya menjelaskan soal hal tersebut. Kita mau betul-betul netral, akhirnya kita putuskan. Semua setuju, kita mufakat," kata Harbiansyah.

Sebelumnya komite pemilihan mengumumkan bahwa sebelumnya butuh 20 suara untuk mengajukan bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan Exco PSSI. Tujuannya untuk membatasi jumlah calon yang bisa maju karena mepetnya waktu yang ada. Selain itu, ketatnya sayarat diharapkan membuat kualitas calon meningkat.

Sementara itu Standard Statuta FIFA pasal 32 ayat (2) mengatakan bahwa setiap kandidat dalam pemilihan anggota Exco harus diajukan minimal oleh satu suara sah.

Komite Pemilihan membuka pendaftaran calon Ketum PSSI pada 2-15 April mendatang. "Perubahan aturan ini tidak membuat time table untuk pemilihan berubah," jelas Hanafiah.

Sosialisasi soal perubahan peraturan ini rencananya dilakukan pada hari ini, Sabtu (2/4/2011).






(nar/nar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com