ADVERTISEMENT

Play-off Liga Champions Asia

Dikalahkan Adelaide, Persipura Tersingkir

- Sepakbola
Kamis, 16 Feb 2012 17:52 WIB
Adelaide - Kiprah Persipura Jayapura di Liga Champions Asia musim ini cuma sampai babak play-off saja. Tim asuhan Jacksen F. Tiago ini gagal menembus babak grup karena kalah 0-3 dari Adelaide United.

Bertanding di Stadion Hindmarsh, Adelaide, Kamis (16/2/2012) sore WIB, Persipura yang tampil tanpa Boaz Solossa kesulitan mengembangkan permainan. Akhirnya, mereka pun lebih banyak bertahan dan cuma mengandalkan serangan balik.

Adelaide unggul satu gol pada babak pertama. Gol diciptakan oleh Nigel Boogaard.

Pada babak kedua, tim tuan rumah mencetak dua gol tambahan, masing-masing lewat kaki Evgeniy Levchenko dan Sergio van Dijk.

Kekalahan ini membuat Persipura gagal menembus babak grup Liga Champions Asia musim ini. Mereka juga tak akan mendapatkan tiket ke Piala AFC.

Sebaliknya, Adelaide yang lolos akan masuk Grup E dan bergabung dengan Gamba Osaka, Bunyodkor, dan pemenang play-off Pohang Steelers versus Chonburi.

Jalannya pertandingan

Tim tuan rumah membuka skor pada menit ke-12. Diawali sebuah sepak pojok, Boogaard menyambar bola liar di mulut gawang Persipura untuk membawa timnya memimpin 1-0.

Unggul satu gol membuat pemain-pemain Adelaide makin bersemangat. Mereka kembali mendapatkan peluang dua menit kemudian. Tapi, tembakan keras Iain Ramsay masih menerpa tiang.

Berselang semenit, gawang Persipura kembali terancam setelah Bruce Djite lolos sendirian. Tim Mutiara Hitam masih beruntung karena tembakan Djite bisa ditangkap dengan baik oleh Yoo Jae-Hoon.

Peluang berikutnya untuk Adelaide hadir pada menit ke-21. Kali ini, Fabian Barbiero melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti. Namun, bola tepat mengarah ke pelukan Yoo.

Memasuki menit ke-29, Persipura mendapatkan peluang bagus saat Titus Bonai berhadapan dengan kiper Adelaide, Eugene Galekovic. Tapi Galekovic bisa menghalau bola. Usaha Yustinus Pae memaksimalkan bola liar juga tak membuahkan hasil karena tembakannya melambung.

Kans yang didapat Van Dijk pada menit ke-36 belum menghasilkan gol. Tembakannya dari dalam kotak penalti terlalu lemah dan bisa diamankan Yoo.

Pada menit ke-44, Ian Kabes juga belum bisa menjebol gawang Adelaide. Tendangan bebasnya masih melayang jauh di atas gawang.

Di babak kedua, Adelaide masih tetap dominan. Sebuah peluang Djite pada menit ke-53 tak membuahkan gol karena Yoo secara luar biasa mementahkan sundulannya dari jarak dekat.

Yoo akhirnya harus memungut bola untuk kedua kalinya empat menit kemudian. Kiper asal Korea Selatan ini tak kuasa menahan tendangan voli Levchenko dari dalam kotak penalti.

Lukas Mandowen sempat mengancam Adelaide pada menit ke-71. Usai menerima umpan sundulan Beto Goncalves, dia mengecoh satu pemain lawan dan melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Tapi, Galekovic bisa menjinakkan bola.

Van Dijk akhirnya menggenapi kemenangan Adelaide enam menit sebelum waktu normal berakhir. Memanfaatkan umpan silang Zenon Caravella, sepakan kaki kiri penyerang berdarah Indonesia itu menembus pojok gawang Persipura.

Susunan pemain:
Adelaide United: Eugene Galekovic, Osama Malik, Nigel Boogaard, Cassio, Evgeniy Levchenko, Dario Vidosic (Jacob Melling 75'), Cameron Watson, Iain Ramsay (Zenon Caravella 67'), Fabian Barbiero, Sergio van Dijk, Bruce Djite (Evan Kostopoulos 66')

Persipura Jayapura: Yoo Jae-Hoon, Ricardo Salampessy, Bio Paulin, Yohanis Tjoe, Imanuel Padwa (Zah Rahan Krangar 32'), Ian Louis Kabes, Moses Banggo (Lukas Mandowen 58'), Gerald Pangkali, Yustinus Pae, Titus Bonai, Beto Goncalves




(mfi/roz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT