sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 16 Mei 2012 17:00 WIB

Coach Timo: Bersepakbola Perlu Pengetahuan yang Benar

- detikSport
detiksport/Amalia Dwi Septi
Jakarta - Pelatih Timo Scheunemann meluncurkan buku pedoman bermain sepakbola. Menurut dia, untuk memperbaiki kualitas latihan mutlak diperlukan pengetahuan yang benar.

Saat meluncurkan secara resmi, bukunya yang berjudul "Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia", di kantor PSSI, Jakarta, Rabu (16/5/2012), pria berdarah Jerman itu berharap buku terebut bisa memberi pencerahan terhadap sepakbola Indonesia.

"Ini buku yang saya kerjakan selama 5 bulan, dengan proses editing yang sangat memusingkan. Tapi itu semua dapat saya selesaikan dengan baik," ujar Scheunemann, atau yang lebih akrab disapa Coach Timo itu.

Buku setebal 277 halaman itu berisi pedoman mengenai panduan untuk pelatih, pemain dan orangtua, terutama lagi buat SSB (Sekolah Sepak Bola) di Indonesia.

"Buku ini saya maksudkan sebagai pencerahan secara umum. Cara bermain sepakbola yang lebih berkualitas. Untuk orangtua juga dapat mengerti sepakbola, bisa menekan SSB anaknya supaya lebih bagus. Sudah bukan zaman lagi SSB seperti 10 tahun lalu," sambungnya.

''Ilmu di buku ini sesungguhnya bukan dari saya. Ini moderen bersifat universal dari FIFA dan AFC, saya gabung dan saya Indonesiakan. Universal ini dapat ditangkap. Kebetulan saya punya kemampuan menyusun buku ini.

"Awalnya di buku ini berbicara filsafat bola, secara tim, cara bermain. Kami ingin melatih tim seperti apa, sesuai falsafah, pemain yang mau kami ciptakan seperti apa. Pelatih yang kami inginkan seperti apa," imbuh mantan pelatih Persema Malang itu.

"Program latihan yang benar, kualitas latihan mutlak diperbaiki, dan untuk itu perlu pengetahuan. Kurikulum ini dapat menambah ilmu dari semua pihak."

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin menyambut baik buku tersebut, karena saat ini belum ada pegangan kurikulum yang sistematis dan berkualitas. Ia juga mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Mennpora dan Menteri Kebudayaan untuk ikut menyebarkan buku tersebut.

Buku tersebut dapat diunduh secara gratis di www.ligaprimer.co.id atau www.binasepakbola.com, www.coachtimo.org dan www.pssi-football.com .


(a2s/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com