sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 10 Jul 2012 21:40 WIB

Kualifikasi Piala Asia U-22

Indonesia Menang Tipis 2-1 atas Makau

- detikSport
Pekanbaru - Indonesia memetik kemenangannya yang kedua babak kualifikasi Piala Asia U-22 2013 Grup E, Selasa (10/7/2012). "Garuda Muda" mengungguli Makau dengan skor tipis 2-1.

Pada pertandingan di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Indonesia lebih dominan ketimbang lawannya di hampir sepanjang laga. Meski mencetak dua gol gol di babak pertama, tapi mereka kebobolan satu dan tidak mencetak gol lagi di babak kedua.

Hendra Adi Bayauw menjadi bintang Indonesia malam ini lewat dua gol buatannya. Yang pertama ia cetak di menit 24, melalui tembakan datar menyilang dari sisi kiri kotak penalti Makau. Meski sempat menyentuh tiang jauh, tapi bola memantul ke dalam gawang.

Gol kedua tercipta dua menit menjelang turun minum. Menerima umpan sangat baik dari Fandi Eko Utomo, Hendra Bayauw dengan dingin menceploskan bola lagi ke gawang Makau.

Di babak kedua Indonesia masih mengendalikan permainan. Sepuluh menit dari restart, asisten pelatih Widodo C. Putro memasukkan Andik Vermansyah yang kali ini tidak menjadi starter, untuk menggantikan Bima Ragil.

Sial buat Indonesia, di menit 62 Makau melakukan counter attack yang cepat dan efektif. Phang Chi Hang berhasil mengalahkan Nurmnufid Fastabiqul Khoirot untuk menerima umpan terobosan seorang rekannya.

Kiper Aji Saka keluar dari sarangnya untuk menyongsong bola, tapi ia kalah cepat. Phang Chi Hang berhasil menguasai bola sehingga dengan mudah menceploskan bola ke gawang Indonesia yang sudah kosong.

Indonesia mencoba menaikkan tempo serangannya setelah kebobolan. Sejumlah peluang didapat tapi penyelesaian akhir tidak sempurna. Striker Agung Supriyanto, misalnya, sedikitnya gagal mengonversi tiga kans yang ia miliki.

Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, skor tidak berubah lagi, Indonesia tetap menang dengan skor 2-1. Mereka tetap duduk di peringkat tiga klasemen dengan nilai enam, di bawah Jepang yang masih memimpin dengan 9 angka, dan Australia di posisi kedua dengan tujuh poin.

Di pertandingan berikutnya Indonesia akan bertemu Jepang pada hari Kamis (12/7) lusa. Jika mampu menundukkan Jepang, peluang Indonesia menjadi lebih besar. Jika tidak, perjuangan akan lebih berat karena hanya juara dan runner-up grup yang otomatis lolos ke putaran final. Juga, untuk menjadi tim peringkat tiga terbaik dari tujuh grup babak kualifikasi, saat ini yang paling berpeluang adalah Oman, yang mengumpulkan 10 poin di Grup A.

Setelah Jepang, Indonesia akan berjumpa Singapura di partai terakhir pada 15 Juli.

Hasil pertandingan Grup E, Selasa 10 Juli 2012:
Timor Leste 0-1 Jepang
Australia 0-0 Singapura
Makau 1-2 Indonesia

Klasemen sementara

Jepang 3 3 0 0 10-1 9
Australia 3 2 1 0 4-2 7
Indonesia 3 2 0 1 4-2 6
Singapura 3 1 1 1 3-4 4
Timor Leste 3 0 0 3 1-5 0
Makau 3 0 0 3 1-11 0





(a2s/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com