Radja yang Semakin Matang

- Sepakbola
Kamis, 13 Jun 2013 10:11 WIB
Jakarta - Enam musim berkarier sebagai pesepakbola profesional di Italia, performa pemain berdarah Indonesia, Radja Nainggolan, makin matang. Dia pun dirumorkan menjadi bidikan sejumlah klub top Eropa.

Nama Radja dikenal saat memulai karier profesional di Piacenza tahun 2007. Tiga musim membela klub yang sudah dinyatakan bangkrut pada tahun 2012 itu, Radja tampil sebanyak 71 kali dan memberikan sumbangan empat gol.

Performa apik Radja itu lantas menarik minat Cagliari untuk meminjamnya di tahun 2010 dengan opsi pembelian. Bersama klub asal Sardinia inilah karier pesepakbola 25 tahun itu mencuat.

Di Liga Italia musim lalu, Radja dicatat oleh situs Squawka menjadi pemain dengan catatan statistik terbaik kedua setelah gelandang Daniele Conti.

Radja berlaga dalam 34 laga bersama Cagliari di Seri A musim 2012-2013, dengan sumbangan dua gol. Pemain timnas Belgia itu juga memiliki catatan akurasi tembakan ke arah gawang sebesar 35 persen serta membukukan akurasi passing 85 persen.

Tak hanya itu, sebagai seorang centrocampista Radja jarang melakukan satu blunder. Rata-rata, dia tercatat hanya melakukan tiga kali kesalahan saat bertahan dan empat kali kesalahan ketika membantu serangan tiap kali bermain.

Dengan performa stabil di usianya yang relatif masih muda membuat Radja dikabarkan menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa.

Juventus, AC Milan, Napoli, dan yang terakhir Tottenham Hotspur, merupakan tim yang dikabarkan tertarik untuk memboyong Radja.

Sejauh ini Milan menjadi klub yang paling sering dikabarkan tertarik untuk memboyong Radja. Tapi, beberapa kali juga putra dari Marianus Nainggolan dan Lizi Bogaerd itu menyatakan kesetiaannya kepada Isolani.

Napoli juga dikabarkan tertarik memboyongnya, tapi Radja menganggap Partenopei tak pernah benar-benar menginginkan dirinya.

Spurs yang tengah mencari pemain pengganti Luka Modric dan Ledley King pun kini dikabarkan tengah mengincar Radja. Uang sebesar 17 juta poundsterling atau sekitar 263 miliar disebut-sebut telah disiapkan untuk memboyong Radja ke White Hart Lane.

Radja yang kini tengah menjalani libur kompetisi, berkesempatan mengunjungi Indonesia akhir pekan ini, atas undangan dari The Footbalicious selalu pihak promotor.

Selama di tanah air, Radja akan menjalani sejumlah acara. Selama di Jakarta dia akan melakukan laga uji coba melawan tim Jakarta All Star di Stadion Gelora Bung Karno, 19 Juni mendatang. Sehari sebelumnya Radja juga akan menggalr coaching clinic.

Semua kegiatan Radja di Indonesia akan ditutup dengan satu liburan di pulau dewata, Bali.

Informasi lengkap tentang kegiatan Radja selama di Jakarta bisa dilihat di sini.





(cas/a2s)