Diikuti Tim ISL dan Luar Negeri, Piala Menpora Segera Bergulir

- Sepakbola
Selasa, 03 Sep 2013 16:17 WIB
detikfoto/Rengga Sancaya
Jakarta - Turnamen sepakbola bertajuk Piala Menpora 2013 segera bergulir. Bertempat di dua kota, Bandung dan Malang, kompetisi yang digagas oleh PT Gelora Garuda Indonesia ini rencananya akan berlangsung 20-28 September mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, dalam jumpa persnya di kantor Kemenpora, Selasa (3/9/2013). Roy mengatakan, tujuan diadakan piala ini adalah meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk lebih mencintai sepakbola.

Kegiatan ini sendiri, dikatakan Roy, juga sebagai bentuk rangkaian dari persiapan Hari Olahraga Nasional ke-30 pada tanggal 11 September 2013.

"Makanya saya mengapresiasi kegiatan ini, dan memang ada ide kita juga untuk menambah pengalaman klub-klub yang kita undang, juga menayangkan tayangan yang berkualitas," terangnya.

Selain itu, lanjut dia, biasanya masyarakat hanya tahu kompetisi resmi yang ditangani PSSI, nah pihaknya juga ingin ada kompetisi yang bisa menghibur masyarakat.

Senada dengan Roy, Direktur Utama PT Gelora Garuda Indonesia Muhammad Zein mengungkapkan hal yang sama.

"Kami bersyukur mendapat kepercayaan dan dukungan dari Menpora, Roy Suryo, dan MNC TV sehingga turnamen ini dapat terselenggara," katanya.

Seperti diketahui turnamen ini sedianya akan berlangsung 12-18 September 2013, namun karena adanya pengunduran jadwal pertandingan ISL (Indonesia Super League), maka jadwal turnamen ini ikut mundur.

"Ya, memang awalnya dilaksanakan awal September, tapi diundur karena memang waktunya tidak cocok," ujarnya.

Turnamen ini sendiri bakal diikuti delapan tim, yang terdiri dari 6 tim peserta kompetisi ISL dan 2 tim dari A-League (Liga Australia).

Delapan tim ini dibagi menjadi dua grup. Grup A yang dilaksanakan di Bandung diisi dengan Persib Bandung (tuan rumah), Sriwijaya FC, Central Coast Mariners (Australia), dan Malaysia U-23.

Sementara Grup B yang digelar di Malang diisi oleh Arema Malang (tuan rumah), Mitra Kukar, Persepam Madura, dan Loyola Meralco Sparks (Filipina)

"Di kompetisi ini tidak ada semifinal, jadi langsung juara dari Grup A dan Grup B masuk babak final (28/9)," ucap Zein.

Sebagai informasi, turnamen Piala Menpora ini akan memperebutkan hadiah total sebesar Rp. 1 miliar.


(mcy/roz)