Dua Gol Penalti Gumbs Antar Arema Juara Piala Menpora

- Sepakbola
Minggu, 29 Sep 2013 20:27 WIB
detiksport/lucas
Malang - Arema Indonesia menjadi kampiun ajang Piala Menpora. Dua gol penalti dari Keith Kayamba Gumbs membawa 'Singo Edan' memetik kemenangan 2-1 atas Central Cost Mariners di laga final.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (29/9/2013) malam WIB, Arema dan Mariners bermain sama kuat 1-1 di babak pertama.

Gumbs membawa tuan rumah unggul lebih dulu lewat titik putih di menit 40. Mariners membalas lewat Marcos Flores lima menit kemudian.

Eksekusi penalti penyerang asal negara St. Kitts and Nevis itu kembali membawa Arema unggul di menit 53. Sebelumnya, seorang bek Mariners melakukan handball di kotak penalti.

Di sisa laga tak ada gol tambahan, Arema menjadi juara di ajang perdana Piala Menpora.


Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan dua menit, Arema langsung mengancam. Memanfaatkan operan matang Greg Nwokolo, Christian Gonzales melepaskan sepakan kaki kiri keras ke arah gawang yang bisa ditepis kiper Justin Pasfield.

Nick Fitzgerald menyia-nyiakan peluang empat menit kemudian. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melesat.

John Hutchinson hampir membuat gol bunuh diri di menit 12. Dia salah mengantisipasi umpan silang Greg.

Berikutnya Greg mampu mengecoh barisan bek Mariners, namun upayanya di menit 16 masih bisa diblok.

Mariners yang sesekali menyerang melakukan percobaan lewat  Matt Simon di menit 23, tapi masih menyamping.

Empat menit berselang Arema membalas. Tak juga menuai hasil, bola sepakan Greg melesat jauh.

Arema terus menyerang. Sundulan Victor Igbonefo menyambut sepakan pojok menerpa samping jala gawang yang dijaga oleh Pasfield.

Mariners balik melakukan serangan di menit 37. Lolos dari jebakan offside saat menyambut umpan Flores, Simon memaksa Ahmad Kurniawan berjibaku dan menghentikan serbuan berbahaya itu.

Arema mendapatkan hadiah tendangan penalti di menit 40. Greg dilanggar oleh Nick Montgomery di kotak 16 meter, wasit Okky Dwi Putra pun menunjuk titik putih. Gumbs yang mengeksekusi penalti menunaikan tugasnya dengan sempurna, Arema unggul 1-0.

Keunggulan Arema tak bertahan lama. Mariners menyamakan kedudkan lewat Flores di masa injury time. Tak lama laga masuk ke masa jeda, skor imbang 1-1.

Greg melakukan penetrasi di sayap kiri pada menit 52. Dia mampu melepaskan sepakan, tapi masih melayang.

Semenit berselang, bek Mariners melakukan handball di kotak penalti saat berebut bola dengan Beto. Untuk kali kedua wasit menunjuk titik putih. Gumbs kembali menjadi eksekutor, dan kembali sukses menyarangkan bola.

Gonzalez nyaris menjebol gawang Mariners di menit 64. Tendangan keras kaki kirinya melebar tipis di sisi kiri gawang Pasfield.

Laga sempat terhenti di menit 67 sebab gangguan asap dari flare yang dinyalakan oleh suporter. Setelah enam menit terhenti, pertandingan dilanjutkan.

Thiery Gatusi memberikan umpan terobosan matang pada Beto. Meski berbahaya, sepakan Beto masih bisa diantisipasi sempurna oleh Pasfield.

Kendati kedua tim menciptakan peluang di sisa laga, tapi tak ada gol tambahan. Arema menang dengan skor akhir 2-1.

Aremania pun berpesta di Stadion Kanjuruhan.

Susunan Pemain

Arema: Ahmad Kurniawan, Victor, Purwaka, Thiery, Benny, Sukadana, Hendro, Gumbs, Gonzalez, Goncalves (Egi 89), Greg Nwokolo

Mariners: Pasfield, Rose, Hutchinson, Montgomery, Flores, Fitzgerald, Roux, Sainsbury, Simon, Sterjovski, Slater


(cas/a2s)