sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 21 Des 2013 21:57 WIB

SEA Games XXVII

Dikalahkan Thailand, Indonesia Kembali Raih Medali Perak

- detikSport
ANTARA/Widodo S. Jusuf
Nay Pyi Taw - Tim nasional Indonesia U-23 menelan kekalahan 0-1 dari timnas Thailand U-23 di final cabang olahraga sepakbola SEA Games 2013. Thailand pun berhak atas medali emas sedangkan Indonesia kembali meraih medali perak seperti dua tahun lalu.

Gol tunggal Sarawut Masuk menit ke-21 di Zayyarthiri Stadium, Sabtu (21/12/2013) malam WIB, menjadi pembeda dalam pertandingan tersebut. Selama sisa waktu 'Garuda Muda' terus berusaha membalas, walau tanpa hasil.

Hasil itu membuat Indonesia kembali kalah di final seperti gelaran SEA Games 2011 lalu. Total, Indonesia sudah empat kali kalah di partai puncak SEA Games. Kekalahan atas Thailand turut membuat Indonesia kembali gagal menambah koleksi medali emas sepakbola SEA Games yang baru dua kali diraih--pada 1987 dan 1991. Sedangkan untuk Thailand, ini merupakan medali emas sepakbola ke-14 di ajang SEA games.

Jalannya Pertandingan

Kurnia Meiga melakukan penyelamatan apik di menit ke-9. Ia berhasil menepis tendangan Pokklaw.

Setelah itu di menit ke-12 Ramdani Lestaluhu dibayangi dua pemain lawan tapi tetap mampu melepaskan tembakan. Bola masih bisa ditahan kiper Thailand.

Kurnia Meiga berhasil mengamankan gawang Indonesia berkat tangkapan apik menyusul tendangan penjuru Thailand di menit ke-18.

Semenit kemudian Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Kali ini tendangan Adisak Kraisorn masih bisa dijinakkan oleh Kurnia Meiga.

Gawang Indonesia jebol di menit ke-21. Thailand memimpin lebih dulu setelah operan Thitipan Puangchan dituntaskan Sarawut Masuk lewat sontekan yang membuat bola melambung hadangan Kurnia Meiga.

Dari sisi kanan lapangan Bayu Gatra melepaskan umpan tarik ke kotak penalti di menit ke-38. Tetapi bola masih mampu dipotong oleh Theeraton Bunmathan.

Beberapa saat menjelang turun minum, Indonesia mendapatkan sepak pojok keempat di laga ini. Namun, bola kiriman Ramdani Lestaluhu masih bisa ditinju kiper Kawin Thammasatchanan.

Ramdani Lestaluhu berhasil menguasai bola di kotak penalti Thailand di menit ke-51, tetapi bola masih bisa dibuang pemain Thailand. Dari sepak pojok setelah itu, Thailand lantas mendapat tendangan bebas setelah Alfin Tuasalamony dinilai melanggar kiper Kawin Thammasatchanan.

Fandi Eko Utomo dilanggar sedikit di luar kotak penalti Thailand di menit ke-60. Dari tendangan bebas, Alfin Tuasalamony mengoper pendek ke Andri Ibo yang langsung menembak. Bola masih menghantam pagar pemain Thailand.

Peluang untuk Indonesia di menit ke-75. Fandi Eko Utomo melakukan penetrasi dari kiri dan kemudian melepaskan umpan ke tengah. Bola pada akhirnya dikuasai Ramdhani Lestaluhu, yang berhasil menyepak bola pada kesempatan kedua, membentur pemain lawan dan meninggalkan lapangan untuk membuahkan sepak pojok.

Thailand membala dua menit kemudian. Bola mengarah ke Chayanan Pombuppha yang tak terkawal di kotak penalti Indonesia. Sepakan pertamanya bisa diblok bek Indonesia dan bola liar lantas bisa dikuasai oleh Diego Michiels.

Dari sebuah umpan chip di menit-menit akhir, bola mengarah ke Yohanes Pahabol yang berada di kotak penalti dan sudah berhadapan dengan kiper. Namun, Theeraton Bunmathan yang terus ketat membayanginya masih bisa memotong bola.

Yohanes Pahabol melepaskan tembakan di menit injury time dalam usaha menyamakan kedudukan. Bola masih melambung tinggi di atas bidang sasaran.

Susunan Pemain

Indonesia: Meiga, Alfin, Syaifuddin, Manahati (Andri Ibo 57'), Diego, Dedi, Pellu (Dendi Santoso 81'), Bayu, Fandi, Ramdani, Yandi (Yohanes Pahabol 69')

Thailand: Thamsatchanan, Sarawut (Tanaboon Kesarat 87'), Kroekrit, Boon Yong, Charyl Champpuis, Pokklaw A Nan, Adisak, Atit, Thitiphan (Chayanan Pombuppha 63'), Sakolwach, Theeratho


(krs/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com