sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 11 Apr 2014 21:29 WIB

Suporter Persib-Persija Berikrar Damai, Polisi Akan Terus Evaluasi

- detikSport
Bogor - Dua kelompok suporter yang kerap bentrok, yaitu pendukung Persib Bandung dan Persija Jakarta, akan terus dievaluasi "hubungannya" meskipun hari ini telah membuat deklarasi berdamai.

Islah tersebut dilakukan perwakilan kedua suporter (Viking dan The Jakmania) dengan disaksikan oleh pihak kepolisian di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (11/4/2014) siang. Secara simbolis ada enam poin yang diikrarkan bersama-sama.

Meski secara seremoni deklarasi damai telah diucapkan, tapi polisi takkan serta-merta "melepas" kedua suporter sebut. Mereka akan terus memantau perkembangannya.

Berikut ini keterangan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza seusai menghadiri dan menandatangani ikrar damai suporter Persib dan Persija:

Tanya: bagaimana laga Persib dan Persija yang sempat tertunda, sekarang 'kan suporter dua klub sudah berdamai. Apa langkah kepolisian?

Jawab: Secara teknis izin sepakbola Persib dan Persija itu dikeluarkan Mabes Polri. Polda Jabar akan memberikan rekomendasi. Saat ini Polda Jabar dan Polda Metro Jaya sudah confident bila benar-benar perdamaian ini diaplikasikan.

Diadakan pertemuan intens antarkedua suporter untuk mengatur bersama-sama dengan polisi. Kita bahu-membahu bergotong royong untuk menyusun pola keamanan. Kalau yang hadir saat ini 'kan sebagian kecil. Ini perlu proses sosialisasi, juga proses untuk menyatukan pola pengamanan yang ketat.

Kita berharap pertandingan itu (persib vs persija) bisa berjalan sesuai jadwal. Karena industri sepakbola ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi, tapi hiburan juga buat warga.

Kapan jadinya Persib vs Persija yang sempat tertunda?

Saya dengar tanggal 8 mei ada keinginan mainnya di Stadion Si Jalak harupat. Tapi ada juga keinginan mainnya di Persija biar berkapasitas besar. Di manapun mainnya, polisi akan selalu memberikan evaluasi dan siap memberikan pelayanan dan keamanan.

Jika nanti Jakmania datang ke Bandung, bagaimana jaminan keamanan?

Tentunya kami harus menjamin keamanannya. Karena negara memberikan tugas kepada polisi untuk memberikan keamanan, bukan hanya untuk Jakmania saja tentunya, tapi seluruh masyarakat Indonesia.

Apakah nanti laga Persib dan Persija di Jalak Harupat boleh dihadiri penonton?

Insya Allah.

(bbn/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed