sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 21 Nov 2014 10:55 WIB

Komdis PSSI Sebar Hukuman, Total Denda Mencapai Rp 3,75 M

- detikSport
Jakarta -

Komisi Disiplin PSSI menyebar hukuman pada pemain, pelatih sampai pembantu umum dan masseur yang dianggap terlibat di sepakbola gajah antara PSS Sleman dengan PSIS Semarang. Untuk sanksi denda, total nilainya mencapai sekitar Rp 3,75 Miliar.

Hukuman pada seluruh pihak yang dianggap terlibat dalam sepakbola gajah tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Komisi Disiplin PSSI, Hinca Panjaitan pada Kamis (20/11/2014) malam. Seperti dijanjikan sebelumnya, Komdis memberikan beragam hukuman berat mulai dari sanksi seumur hidup hingga denda.

Terkait kewajiban membayar denda, jumlah yang dijatuhkan Komisi disiplin pada para terdakwa terbilang sangat besar dengan total mencapai Rp 3,7 miliar. Total denda yang harus dibayar pemain dan pelatih dari kubu PSIS adalah sebesar Rp 2 miliar, sementara dari kubu PSS jumlahnya mencapai Rp 1,75 miliar.

Denda terbesar didapat Wahyu Winarto (manajer PSIS), Eko Riyadi (pelatih kepala PSIS), Eri Febriyanto (sekretaris tim PSS) dan Heri Kiswanto (pelatih PSS Sleman). Mereka masing-masing dijatuhi hukuman Rp 200 juta.

Sementara mereka yang dapat hukuman denda Rp 150 juta adalah Setiawan dan Budi Cipto (asisten pelatih PSIS), Edi Broto dan Erwin Sahrudin (asisten pelatih PSS), serta dua pemain asing di PSIS yakni Ronald Daian Fagundez dan Julio Cesar Alcorse.

Selain itu para pemain yang dianggap terlibat langsung dalam aksi sepakbola gajah tersebut diganjar masing-masing denda Rp 100 juta. Mereka adalah Catur Adinugroho, Komaedi, Fadli Manan dan Saptono dari kubu PSIS. Sementara di pihak PSS ada Riyana dan Agus Setiyawan, serta Hermawan Putra Jati.

Denda paling 'murah' adalah sebesar Rp 50 juta yang masing-masing dikenakan pada pemain PSIS yang turun ke lapangan saat itu seperti Sunar Sulaiman, Anam Syahrul, Taufik Hidayat, Andik Rahmat, Elina Soka, Vidi Hasional, Franky Mahendra PSIS. Bahkan pemain cadangan PSIS pun dapat denda yang sama yakni Ivo Andre Wibowo, Safrudin Tahar, Ediyanto, Ahmad Noviandani, Hari Nur Yulianto.

Denda sebesar Rp 50 juta juga diberikan pada 13 pemain PSS Sleman. Mereka adalah Marwan Muhammad, Satrio Aji Saputro, Wahyu Gunawan, Ridwan Awaluddin, Anang Hadisaputra, Eko Setiawan, Mudah Yulianto, Monieaga Baguswardi, Christian Adelmund, Waluyo, Saktiawan Sinaga, Guy Junior, dan Gratheo Hadiwinata.

Denda-denda Komdis PSSI pada PSIS dan PSS

PSIS (Rp 2 M)
Rp 200 Juta: Wahyu Winarto (manajer) dan Eko Riyadi (pelatih kepala).
Rp 150 Juta: Setiawan dan Budi Cipto (asisten pelatih).
Rp 150 Juta: Ronald Daian Fagundez dan Julio Cesar Alcorse (pemain asing)
Rp 100 Juta: Catur Adinugroho (penjaga gawang), Komaedi (bek yang mencetak dua gol gawng sendiri), Fadli Manan (striker yang mencetak gol ke gawang sendiri), Saptono (striker yang berdiri di bawah gawang pihak lawan dan mencegah terjadinya gol).
Rp 50 Juta: Sunar Sulaiman, Anam Syahrul, Taufik Hidayat, Andik Rahmat, Elina Soka, Vidi Hasional, Franky Mahendra (pemain yang berada di atas lapangan).
Rp 50 Juta: Ivo Andre Wibowo, Safrudin Tahar, Ediyanto, Ahmad Noviandani, Hari Nur Yulianto (pemain cadangan)

PSS Sleman (Rp 1,75 M)
Rp 200 Juta: Eri Febriyanto (sekretaris tim) dan Heri Kiswanto (pelatih kepala).
Rp 150 Juta: Edi Broto dan Erwin Sahrudin (asisten pelatih)
Rp 100 Juta: Riyana dan Agus Setiyawan, serta Hermawan Putra Jati (pemain yang mencetak gol)
Rp 50 Juta: Marwan Muhammad, Satrio Aji Saputro, Wahyu Gunawan, Ridwan Awaluddin, Anang Hadisaputra, Eko Setiawan, Mudah Yulianto, Monieaga Baguswardi, Christian Adelmund, Waluyo, Saktiawan Sinaga, Guy Junior, dan Gratheo Hadiwinata.

(din/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com