sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 24 Mei 2015 14:38 WIB

Menpora Bantah Persulit Persipura, BOPI Sudah Beri Rekomendasi buat Pahang FA

Mercy Raya - detikSport
Jakarta -

Menpora Imam Nahrawi membantah dirinya mempersulit jalan Persipura di AFC. Ia menyatakan sudah memberi perintah kepada BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) untuk memberikan rekomendasi sejak beberapa waktu lalu.

"Sudah. ‎Setahu saya BOPI sudah merekomendasikan itu sejak beberapa waktu lalu," kata Imam kepada detikSport, melalui pesan singkatnya, Minggu (24/5).

"‎Coba konfirmasi ke BOPI langsung saja agar tidak ada fitnah ya, sehingga jelas duduk masalahnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Pahang FA memutuskan kembali ke Malaysia karena empat pemain asingnya tidak mendapatkan visa dari imigrasi bandara Soekarno-Hatta. Mereka sedang dalam perjalanan menuju Jayapura, di mana mereka akan memainkan leg pertama babak 16 besar Piala AFC melawan Persipura.

Atas kejadian itu Ketua Harian Persipura, La Siya, menyebut pihaknya "dikerjai" Menpora. Dan jika Pahang batal tanding, Persipura terancam sanksi AFC.

‎"Hati-hati dengan tuduhan yang tidak manusiawi ini, kita sudah bantu kok malah konyol tuduhannya. Biar BOPI membeberkan semua fakta-faktanya agar masyarakat tahu siapa tukang fitnahnya‎," ujar Imam tentang tuduhan La Siya tersebut.

Ketika dikonfirmasi secara terpisah, Sekretaris Jenderal BOPI menyatakan jika pihaknya mengaku sudah merespon cepat permintaan rekomendasi dari Persib dan Persipura sejak surat itu diberikan Jumat (22/5).

"Sudah diberikan kok," kata Heru, seraya menunjukkan surat-surat terkait masalah ini.

Heru membeberkan kronologi pemberian rekomendasi yang dijelaskan oleh Rubby Saputra, yang menjabat sebagai staf bidang organisasi di BOPI, yang melakukan komunikasi dengan pihak Persib dan Persipura.

Pertama, ‎Persib mengirim surat permohonan ke BOPI untuk penerbitan visa klub tamu pada hari Jumat 22 Mei jam 2 siang. Disusul oleh pihak Persipura yang mengirim email jam 16.00.

Kemudian, pihak Persipura (Rocky Bagbena) juga sudah komunikasi dengan pihak BOPI (Rubby Saputra) melalui telepon dan SMS.

Lalu surat segera diteruskan ke ketua umum BOPI melalui Kadiv Organisasi dan langsung diberikan persetujuannya, karena ini menyangkut komitmen Menpora untuk tetap mendukung kiprah Persib dan Persipura di Piala AFC.

Pada Sabtu siang 23 Mei, surat rekomendasi untuk Persib dan Persipura sudah ditandatangani oleh Ketum BOPI, langsung di-scan dan siap didustribusikan melalui email.

Scan surat itu lalu dikirim melalui email ke Persib dan Persipura pada 23 Mei jam 13.58 WIB. Lalu ada konfirmasi dari Yudiana (Persib), bahwa surat rekomendasi untuk Persipura belum lengkap, karena belum dibubuhi tanda tangan ketum BOPI.

Atas kesalahan itu Rubby mengirim email ulang pada jam 15.01 WIB, berisi lampiran surat rekomendasi visa bagi Pahang FA yang sudah ditandatangani Ketum BOPI.

"Dengan sudah dikirimkannya rekomendasi BOPI, maka prosedur selanjutnya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab manajemen Persipura. Menpora dan BOPI telah memberikan dukungan dan persetujuannya melalui surat rekomendasi yang diberikan," jelas Heru.



(Mercy Raya/Andi Abdullah Sururi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com