sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 09 Mei 2016 22:38 WIB

Menpora Siap Bantu Tristan Alif

Amalia Dwi Septi - detikSport
Jakarta - Kabar Tristan Alif yang mengalami kendala biaya untuk bisa tampil bersama Getafe U-13 ditanggapi Menpora Imam Nahrawi. Kemenpora siap membantu, tapi Tristan diminta jangan sampai dipolitisasi.

Nama Tristan Alif pertama kali namanya muncul pada 2012 lalu, ketika itu video aksinya mengolah si kulit bundar beredar di dunia maya. Dalam video yang diunggah ke situs YouTube, kaki kecil Alif luwes memainkan bola yang tampak kebesaran untuk anak seumuran dirinya. Selain itu, dia juga memperlihatkan kebolehannya menggiring bola melewati pancang dan bocah-bocah lainnya.

Berkat kelebihannya itu, Tristan akhirnya sempat masuk ke Ajax Football Academy. Namun kini dia dikabarkan telah diterima masuk ke akademi Getafe di Spanyol. Bahkan, dia juga berpeluang tampil di Liga Spanyol U-13.

Tapi untuk bisa masuk ke Getafe U-13, ada persyaratan yang harus dipenuhi Tristan, yakni dia harus membayar uang sebesar 175.000 euro atau setara Rp 2,5 miliar untuk program izin tinggal. Sebab Tristan harus mengajak keluarganya ke Spanyol. Hal itu merujuk regulasi FIFA tentang pemain usia muda.

Imam mengaku sudah berulang-ulang kali meminta kedua orangtua Tristan Alif untuk datang membicarakan kendala apa saja yang dialami Tristan. Tapi menurut Imam, alangkah lebih baik Tristan tidak dipaksakan, biarkan dia berkembang dengan sendirinya.

''Kami sudah berulang-ulang meminta datang orang tuanya, karena ada kendala diluar kemampuan mereka, yakni menyangkut izin tinggalnya. Karena izin tinggal di suatu negara itu harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di sana. Kami sudah berkomunikasi dengan kedutaan dan BUMN di sana untuk membantu,'' ungkap Imam.

''Tapi saya minta Tristan jangan sampai dipolitisasi. Biarlah keahliannya dipupuk sedemikian rupa dan mungkin saja nanti kita cari model lain. Dari pada sekedar bagaimana mendesak dengan segala pembiayaan.''

Soal biaya, Imam sejatinya mempersilahkan kedua orangtua Tristan untuk datang menemuinya. Jika bisa dibantu, pria 43 tahun siap menolong, tapi jika tidak mungkin, kementerian atau pihak-pihak lain bisa membantunya.

''Silahkan ajukan dananya berapa. Mungkin Kemenpora bisa bantu atau kementerian lain. Tapi, menggunakan dana APBN itu harus ada pertanggungjawabkan dan tidak mudah,'' kata dia.

(ads/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com