sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 03 Jun 2016 20:59 WIB

Tristan Alif Dapat Beasiswa Rp 200 Juta untuk Wujudkan Mimpi Main di Eropa

Dana Aditiasari - detikSport
Foto: Dana Aditiasari/detikSport
Jakarta - Harapan Tristan Alif untuk bermain di Eropa terus mendapatkan titik terang. Dia baru saja menerima beasiswa sebesar Rp 200 juta dari PT Angkasa Pura II.

Tristan dalam beberapa bulan ke belakang tengah mengumpulkan dana demi bisa berlatih dan bermain di kompetisi Eropa. Bocah berusia 12 tahun itu dikabarkan ditaksir Getafe U-13 untuk bisa bermain di Liga Spanyol U-13.

Tapi untuk bisa masuk ke Getafe U-13, ada persyaratan yang harus dipenuhi Tristan, yakni dia harus membayar uang sebesar 175.000 euro atau setara Rp 2,5 miliar untuk program izin tinggal. Sebab Tristan harus mengajak keluarganya ke Spanyol. Hal itu merujuk regulasi FIFA tentang pemain usia muda.

Bukan cuma Getafe yang tertarik pada Tristan. Beberapa klub Eropa juga disebutkan terpikat pada bakat yang dia miliki. Termasuk Ajax Amsterdam.

Ajax Football Academy adalah akademi sepakbola Eropa pertama yang memberikan Tristan kesempatan untuk menuntut ilmu. Beberapa tahun lalu Tristan pernah merasakan gemblengan akademi sepakbola yang di antaranya pernah melahirkan Johan Cruijff, Edgar Davids, Patrick Kluivert dan Frank Rijkaard itu.

[Baca Juga: Menpora Siap Bantu Tristan Alif]

Demi menyediakan uang Rp 2,5 miliar tersebut dilakukanlah penggalangan dana melalui situs kitabisa. Fundraising yang diinisiasi oleh Rhenald Kasali dan bersama Andrinof Chaniago itu berhasil mengumpulkan Rp 371.041.483 (per Jumat, 3 Juni hari ini).

Malam ini, Alif mendapat titik cerah lainnya setelah mendapat bantuan dari PT Angkasa Pura II, yang memberikan beasiswa sebesar Rp 200 juta.

"Diharapkan dengan bantuan korporasi maka bisa menutup kekurangan pendanaan itu agar Tristan Alif bisa pergi ke Belanda untuk melanjutkan pendidilkan sepakbola di sana," kata Komisaris Utama AP II, Rhenald Kasali, di Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (3/6/2016).



Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa motivasi perusahaannya memberikan dukungan kepada Alif adalah karena dianggap ada kesamaan antara 'bocah ajaib' ini dengan poryek terbaru yang tengah digarap AP II yakni Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta.

"Jadi ada kesamaan Alif dengan Terminal 3 Ultimate adalah untuk membanggakan Indonesia. Doakan terminal 3 ini bisa beroperasi sebelum lebaran," tutur Budi Karya dalam kesempatan yang sama.

Nama Tristan Alif pertama kali namanya muncul pada 2012 lalu, ketika itu video aksinya mengolah si kulit bundar beredar di dunia maya. Dalam video yang diunggah ke situs YouTube, kaki kecil Alif luwes memainkan bola yang tampak kebesaran untuk anak seumuran dirinya. Selain itu, dia juga memperlihatkan kebolehannya menggiring bola melewati pancang dan bocah-bocah lainnya.

Berkat kelebihannya itu, Tristan akhirnya sempat masuk ke Ajax Football Academy. Kesempatan untuknya untuk terus mengasah kemampuan dan mendapatkan kesempatan main di Eropa kini terbuka setelah beberapa klub menyatakan berminat padanya.

(dna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com