DetikSepakbola
Jumat 19 Agustus 2016, 19:25 WIB

Kepercayaan Diri Timnas U-19 Dinilai Meningkat

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Kepercayaan Diri Timnas U-19 Dinilai Meningkat Foto: Rifqi Ardita/detikSport
Yogyakarta - Kepercayaan diri tim nasional Indonesia U-19 dinilai positif oleh Eduard Tjong, usai mengatasi Filipina. Edu juga menyebut ada dua tugas penting untuknya kini.

Timnas U-19 menang 3-1 kala menghadapi Filipina U-19 dalam laga ujicoba di Stadion Maguwoharjo, Jumat (19/8/2016) sore WIB. Tiga gol tersebut dicetak oleh masing-masing oleh Dimas Drajad, Sandi Pratama, dan Edo Febriansyah.

'Garuda Muda' bermain dominan sejak awal pertandingan. Dimas Drajad dkk. memainkan umpan-umpan pendek untuk membangun serangan dan berusaha menekan lewat kedua sisi.

Eduard Tjong melihat timnya semakin percaya diri, yang tercermin dari cara mereka menguasai pertandingan. Namun ada sejumlah aspek yang disebut Edu masih bisa lebih baik lagi.

Salah satunya adalah penyelesaian akhir. Muhammad Rafli misalnya, setidaknya mendapatkan tiga peluang bagus namun tak berbuah gol.

Selain itu, Edu juga menyoroti penurunan konsentrasi tim. Satu gol Filipina tercipta tak terlepas dari hal ini, di mana bek Andi Setyo kehilangan penguasaan bola dan direbut pemain lawan.

"Ada peningkatan dalam kepercayaan diri, tapi masih belum konsisten. Di sekitar menit ke-70 mulai goyah konsentrasinya," ujar Edu dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Sekarang sudah lebih berani lepas tembakan, walaupun arahnya masih kurang. PR kita sekarang finishing, banyak kans tadi. Jadi dua hal ini, finishing dan konsentrasi," imbuhnya.

Skuat timnas U-19 sendiri saat ini masih berjumlah 24 orang, surplus satu pemain untuk didaftarkan pada batas pengumpulan pemain tanggal 21 Agustus ini. Namun hingga kini Edu mengaku masih belum mengambil keputusan.

"Belum memutuskan. Karena cuma satu saya juga jadi tidak tega. Tanggal 21 (Agustus) ini pendaftaran pemain. Tapi sekarang belum ada keputusan," ujarnya.

Piala AFF U-19 akan berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 11-24 September mendatang. Indonesia terakhir kali juara pada edisi 2013 lalu.
(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed