sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Sep 2016 19:03 WIB

PON XIX

Jabar vs Sulsel di Final Sepakbola PON

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Bekasi - Jawa Barat sukses melangkah ke partai final PON XIX Jawa Barat 2016, usai mengalahkan Papua di semifinal. Jabar bakal berhadapan dengan Sulawesi Selatan di partai puncak.

Pada laga yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Senin (26/9), Jabar menang 3-1 dari Papua. Jabar sempat ketinggalan 0-1 Fredy Jefferson menjebol gawang tuan rumah.

Jabar sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah Erwin Ramdani mencetak gol pada menit 43. Skor imbang tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Jabar lebih mendominasi dengan mengempur pertahanan Papua. Alhasil beberapa menit kemudian, Jabar mencetak gol melalui tendangan Febri Haryadi di menit 47.

Tertinggal 1-2, membuat Papua sedikit tertekan. Beberapa peluang tak mampu dimanfaatkan dengan baik.

Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh Jabar untuk tampil menyerang, Gian Zola akhirnya sukses menambah satu gol bagi Jabar. Skor pun menjadi 3-1 dan bertahan hingga menit akhir.

Kericuhan sempat terjadi di pertengahan babak kedua. Itu terjadi usai pemain Papua, Muhammad Taher, menerima kartu merah karena dinilai sengaja menendang kaki salah satu bek Jabar.

Hal itu sontak membuat suporter melemparkan botol-botol ke arah lapangan. Polisi pun langsung bergerak mengamankan suasana di lapangan dan di tribun.

Sementara itu suasana stadion pun terbilang cukup ramai karena dihadiri oleh 18 ribuan penonton. Tak hanya orang dewasa, para pelajar SMA pun ikut meramaikan jalannya pertandingan.

Di antara penonton yang datang, hadir calon ketum PSSI Moeldoko. Menggunakan polo shirt, mantan Panglima TNI itu duduk di bangku VVIP bersama sejumlah pejabat daerah.

Pada partai final, Jabar akan bertemu dengan Sulawesi Selatan. Mereka menang 2-0 dari Sumatera Selatan di Stadion Patriot, Bekasi. Laga ini akan dilangsungkan pada 28 September mendatang. (ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com