sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 28 Sep 2016 22:26 WIB

PON XIX

Menang Adu Penalti atas Sulsel, Jabar Raih Emas Sepakbola

Lucas Aditya - detikSport
Foto: detiksport/Grandyos Zafna Foto: detiksport/Grandyos Zafna
Bandung - Jawa Barat berhasil meraih emas dari cabang olahraga sepakbola PON XIX. Di final, tim tuan rumah menang adu penalti 5-4 atas Sulawesi Selatan setelah tak ada gol yang tercipta selama 120 menit.

Pada pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (28/9/2016) malam WIB, belum ada peluang berbahaya hingga menit ke-25.

Lima menit kemudian, Sulsel mampu mendapatkan peluang pertama. Asnawi Mangkualam melepaskan sepakan jarak jauh, tapi masih meleset.

Jabar membalas lewat sundulan Sugianto di menit 32. Belum membuahkan hasil, bolanya melesat jauh.

Shot on target pertama Jabar tercatat di menit 37. Febbry Haryadi yang melakukan percobaan, tapi tepat ditangkapan kiper Sulsel, Syaiful. Hingga paruh pertama tak ada gol tercipta, skor masih sama kuat saat turun minum.

Peluang pertama Sulsel di babak kedua tercipta di menit 60. Eksekusi tendangan bebas Adi Setyawan masih belum tepat ke gawang.

Jabar menekan di menit 74. Sial bagi mereka, bola sepakan Febbry masih menyaamping.

Sulsel mendapat tendangan bebas di muka kotak penalti Jabar. Eksekusi Setyawan masih menyamping.

Erwin Ramdani melewatkan peluang bagus untuk Jabar. Sepakannya sambil membelakangi gawang di menit 82, masih menyamping. Hingga 90 menit pertandingan tak ada gol tercipta, laga berlanjut ke babak tambahan.

Di babak pertama extra time, belum ada gol tercipta. Stamina kedua tim sudah mulai terkuras, mereka lebih banyak melakukan bola panjang.

Jabar nyaris mencetak gol di menit 110. Sepakan Alfath Faathihier dari sisi kiri kotak penalti Sulsel masih menyasar tiang. Lima menit kemudian sepakan jarak jauh Sugianto juga masih melesat di atas gawang Sulsel. Hingga babak tambahan kelar tak ada gol tercipta, laga lanjut hingga babak tos-tosan.

Di babak adu penalti, Jabar akhirnya menang dengan skor 5-4. Kiper Jabar, M. Natsir, menepis tendangan Irfan Arfandi dan Alfuad. Sementara eksekutor Jabar yang gagal adalah Erwin Ramdani.

(cas/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com