sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 29 Sep 2016 11:42 WIB

Dua Anak Indonesia Ini Diminati Akademi Klub-klub Spanyol

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: ist. Foto: ist.
Jakarta - Dua anak Indonesia berusia 13 tahun bernama Syukran Arabia Samual dan Ardiyanto memiliki kesempatan berlatih di luar negeri bersama beberapa klub di Spanyol. Keduanya telah dilirik untuk dikontrak jangka panjang dan dibina secara langsung.

Arabia dan Ardiyanto menjadi dua anak yang beruntung karena bisa mencicipi dan merasakan tampil di luar negeri. Beduanya mendapatkan tawaran menjalani trial di Spanyol usai tampil di turnamen Football Barcelona Cup pada bulan April 2016 lalu bersama Tim SBAI (Tim Sepak Bola Anak Indonesia).

Ketika itu, penampilan keduanya menarik perhatian pemandu bakat dari Barcelona, Atletico Madrid, Getafe, dan Navalcarnero FC. Arabia dan akhirnya mendapatkan undangan untuk latihan di Spanyol pada 21-27 September lalu.

Selama seminggu itu, keduanya mengikuti beberapa pertandingan dan diberikan kesempatan menunjukkan penampilan terbaiknya di depan para pemandu bakat.

Menurut Chairman SBAI, Dani Septian Iskandar, keduanya tampil memukau karena mampu menarik perhatian dari para pemandu bakat. Mereka menilai Arabia dan Ardyanto memiliki bakat yang harus dikembangkan dengan baik.

"Anak-anak ini prestasinya sangat bagus. Mereka memiliki kemampuan yang menakjubkan di usia segini. Terbukti dengan beberapa pencari bakat klub-klub mulai ingin bekerja sama dengan anak-anak ini," kata Dani kepada wartawan, Kamis (29/9).

Alhasil, ada beberapa klub yang tertarik merekrut keduanya. Salah satunya adalah Getafe, Navalcarnero FC dan Atletico Madrid. Keduanya rencananya bakal dikontrak di akademi mereka untuk dibina terlebih dahulu.

Dari ketiga klub itu, Navalcarnero menjadi yang paling serius dan tertarik merekrut keduanya.

"Kami ditawari kontrak jangka panjang. Karena kan peraturan FIFA itu, anak baru bisa dikontrak di usia 18 tahun, maka selama menjelang kontrak 18 tahun, kedua anak ini akan dibina secara langsung," lanjut Dani.

Arabia dan Ardiyanto dinilai tampil apik saat membela Navalcarnero. Arabia berposisi sebagai bek tengah, sementara Ardianto beroperasi sebagai gelandang serang. Ardianto, kelahiran, 29 Mei 2003, mencetak satu gol saat memperkuat Navalcarnero, yang membuatnya total melesakkan empat gol selama melakukan trial di Spanyol.

Keduanya direncanakan akan kembali ke Spanyol pada November mendatang untuk melakukan pembicaraan lanjutan. "November kami diminta balik lagi ke sana, semoga anak-anak ini bisa mewujudkan impiannya," katanya.

Rencana Syukran dan Ardiyanto berlatih di Spanyol ini muncul hanya beberapa hari setelah Tristan Alif Naufal menerima kontrak dari akademi Leganes.

(ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com