sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 24 Nov 2016 10:20 WIB

Piala AFF

Kisah Timnas Thailand dan Foto Mendiang Raja Bhumibol Adulyadej

Lucas Aditya - detikSport
Foto: Illustrasi foto Bhumibol Adulyadej [AFP PHOTO / TANG CHHIN SOTHY]
Manila - Timnas Thailand selalu membawa foto mendiang raja Bhumibol Adulyadej setiap kali melakoni laga di Piala AFF 2016. Mereka yakin sang raja mendukung dari surga.

Raja Bhumibol meninggal dunia di bulan Oktober lalu. Pemerintah 'Negri Gajah Putih' sampai menetapkan bahwa Thailand berduka dalam waktu satu tahun ke depan.

Pihak federasi sepakbola Thailand juga sempat meminta agar kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Australia digelar di tempat netral. Tapi laga yang berakhir 2-2 itu akhirnya tetap digelar di stadion Rajamangala.

Sebelum Piala AFF 2016 bergulir, Thailand pun berujar untuk mengusung misi untuk mempertahankan gelar juara untuk dipersembahkan bagi raja Bhumibol. Saat ini Thailand juga punya hasil 100% berkat kemenangan atas Indonesia dan Singapura.

Salah seorang ofisial tim Thailand terlihat selalu membawa foto raja Bhumibol setiap kali tim Thailand bertanding. Foto dengan bingkai emas itu berkalung rangkaian bunga.

Kiper Thailand Kawin Thamsatchanan mengungkapkan alasan mengapa foto raja Bhumibol itu selalu menemani tim besutan Kiatisuk Senamuang tersebut bertanding.

"Semua orang mencintai raja dan sekarang dia sudah meninggal. Itu menjadi motivasi kami untuk memberikan persembahan terakhir untuknya. Kami percaya bahwa dia selalu menyaksikan laga kami dari surga," kata Kawin kepada pewarta.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com