Final Kelima untuk Indonesia

ADVERTISEMENT

Suzuki AFF Cup 2016

Final Kelima untuk Indonesia

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 07 Des 2016 22:37 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Indonesia sukses maju ke final Suzuki AFF Cup 2016 usai menyingkirkan Vietnam. Ini adalah final kelima bagi Indonesia di turnamen antarnegara Asia Tenggara itu.

Indonesia memastikan satu tempat di partai puncak setelah berjuang hingga masa perpanjangan waktu di leg kedua babak semifinal melawan Vietnam di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016) malam WIB. Bermain seri 2-2, Indonesia berhak lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

[Baca juga: Indonesia ke Final Usai Lewati Duel Sengit Lawan Vietnam]

Ini adalah kelima kalinya Indonesia tampil di final Piala AFF. Tapi, di empat kesempatan sebelumnya, belum pernah sekalipun Indonesia tampil sebagai juara.

Indonesia pertama kali lolos ke final di tahun 2000. Di turnamen yang kala itu masih bernama Piala Tiger itu, Indonesia takluk 1-4 dari Thailand di partai puncak.

Dua tahun berselang, Indonesia kembali melaju ke final dan berhadapan lagi dengan Thailand. Tapi Indonesia masih belum mampu menjadi juara setelah dikalahkan Thailand lewat adu penalti.

Indonesia menjejak babak final lagi di tahun 2004. Berhadapan dengan Singapura dalam laga final yang dimainkan dua leg, Indonesia kalah 2-5 secara agregat.

Baru enam tahun kemudian, Indonesia kembali melangkah hingga ke babak final. Namun, Indonesia lagi-lagi harus mengubur impiannya untuk jadi juara setelah dikalahkan Malaysia 2-4 secara agregat.

Kali ini, untuk kelima kalinya, Indonesia masuk ke babak final. Mampukah skuat 'Garuda' meraih hasil berbeda di kesempatan kelima ini?

(nds/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT