ADVERTISEMENT

AFF Suzuki Cup 2016

Riedl Siapkan Dua Formasi Hadapi Thailand

Amalia Dwi Septi - Sepakbola
Minggu, 11 Des 2016 17:42 WIB
Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl mempersiapkan strategi untuk menghadapi Thailand di babak final AFF Suzuki Cup 2016. Dia menyiapkan dua alternatif.

Salah satu formasi tersebut merupakan susunan pemain yang sama ketika menghadapi Vietnam di leg kedua semifinal AFF Suzuki Cup 2016, yaitu 4-2-3-1. Skema permainan ini berbeda dari laga-laga sebelumnya, yaitu 4-4-2.

Dalam sesi latihan tadi pagi, di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Minggu (11/12), Riedl sudah terlihat memasang 11 pemain inti dalam sesi mini game.

Pemain yang diyakini akan menjadi starter itu Kurnia Meiga di bawah mistar, Fachruddin Aryanto dan Hansamu Yama di jantung pertahanan. Sementara di pos fullback, ada Abduh Lestaluhu (kiri) dan Beny Wahyudi (kanan).

Di sektor tengah, Bayu Pradana dan Manahati Lestusen tampaknya akan kembali menjadi double pivot. Sedangkan Stefano Lilipaly akan diapit oleh duo Andik Vermansah dan Rizky Pora. Satu pos di lini depan tetap menjadi milik Boaz Salossa yang merupakan topskorer tim, tetap akan menjadi andalan.

Namun begitu, formasi tersebut bisa berubah menjadi 5-4-1 ketika menghadapi tekanan Thailand, yang mana Manahati akan turun ke belakang membantu pertahanan Indonesia menjadi bek tengah menemani Fachruddin dan Hansamu.

"Ya, dua formasi itu yang kami siapkan. Tapi tentu kami harus mempunyai tiga formasi untuk kami siapkan di laga ini," ujar Riedl seusai latihan.

Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu Thailand ketika fase grup. Namun saat itu, Indonesia menelan kekalahan 2-4 dari tim besutan Kiatisuk Senamuang.

Kala itu, Indonesia menerapkan skema permainan 4-4-1-1. Dua gol yang dicetak Indonesia ke gawang Thailand itu tercatat atas nama Boaz dan Lerby Elianry, yang merupakan dua gol ke gawang Thailand sepanjang turnamen Piala AFF 2016.






(ads/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT