Federasi Futsal Diminta Blak-blakan Soal Rencana Mundur dari SEA Games

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 19 Jul 2017 17:47 WIB
Foto: Daniel Pockett/Getty Images
Jakarta - Sikap Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang tak memberi penjelasan terkait masalah timnas futsal Indonesia dapat kritik keras. FFI diminta blak-blakan mengungkap masalah yang dihadapi.

Kabar timnas futsal Indonesia mundur dari ajang SEA Game 2017 di Malaysia pada 19-30 Agustus mendatang membuat Justin kecewa. Mantan pelatih timnas futsal Indonesia itu sebal betul lantaran FFI tak kunjung buka suara terkait masalah timnas.

Pernyataan timnas futsal mundur dari SEA Games diketahui dari surat elektronik yang dikirimkan pelatih Vic Hermans kepada media, setelah Syafril Nasution (wakil ketua umum FFI) menyebut timnas tak akan berangkat ke SEA Games.

Sampai saat ini belum jelas betul masalah apa yang dihadapi timans futsal Indonesia. Belakangan beredar kabar bahwa tim tak punya dana untuk persiapan dan keberangkatan ke Malaysia.

Justin, yang merupakan pelatih legendaris timnas futsal Indonesia mengaku terkejut dengan kabar mundurnya timnas. Dia pun meminta FFI segera membuat pernyataan terkait masalah yang dialami.

"FFI harusnya bicara, masalahnya di mana? Karena jelas-jelas mereka bisa sewa pelatih luar yang sangat mahal. Harusnya mereka punya dana. Dulu, era saya hal ini tidak pernah terjadi. Padahal, duit kami ketika itu pas-pasan banget," kata Justin saat dihubungi detikSport.

"Jadi, saya kaget. Kenapa bisa tidak berangkat? Saya tidak tahu kendalanya di mana. Saya pernah kontak dengan Vic Hermans. Dia juga kecewa kenapa nggak bisa cepat latihan. Tapi, nggak kasih tahu juga detail masalah. Selama nggak ada statement dari FFI, saya rasa kita cuma bisa berandai-andai," sambungnya.

"PSSI dari dulu emang lepas tangan dari futsal, makanya ditunjuklah manajer, tapi ganti-ganti. Nah, yang namanya manajer ini tidak selamanya punya duit banyak. Niatnya memang ingin membantu dan kumpulin duit dari teman-temannya, lah. Jadi semua serba pas-pasan."

PSSI, yang memayungi FFI, langsung bergerak cepat untuk mengambil alih. Mereka menegaskan bahwa timnas futsal akan tetap pergi ke ajang SEA Games di Malaysia.

Tindakan PSSI itu disyukuri betul oleh Justin. Dia bahkan sangat yakin jika timnas futsal akan betul-betul berangkat ke SEA Games setelah diambil alih PSSI.




"Tapi, saya sudah baca di media, kalau PSSI ambil alih. Saya sangat senang. Semalam saya juga sudah tag akun PSSI di Twitter kalau mereka harus ambil alih. Karena yang diakui AFC itu hanya PSSI, bukan FFI."

"FFI itu ditunjuk PSSI untuk mengelola futsal lokal, kalau administrasi dan lain-lainnya itu di bawah PSSI, harus lewat PSSI. Jadi, (saya optimis) kalau PSSI sudah bilang berangkat, saya yakin tetap berangkat. 99 persen saya yakin," tutup Justin. (din/cas)