DetikSepakbola
Kamis 28 September 2017, 17:11 WIB

Cerita Kim Kurniawan dan Anak Angkatnya di Malang

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Cerita Kim Kurniawan dan Anak Angkatnya di Malang Kim Kurniawan memegang HP OPPO (Muhammad Ridho/Detiksport)
Bandung - Tak banyak yang mengira kalau pesepakbola Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan ternyata sudah punya anak. Loh, bagaimana ceritanya?

Bukan anak kandung tentunya karena Kim saat ini masih berstatus pacar seorang wanita bernama Elisabeth Novia Makalew. Anak yang dimaksud di sini adalah anak angkat bernama Kim Febry Kurniawan atau akrab disapa Febry.

Cerita itu bermula ketika Kim pertama kali datang ke Indonesia pada 2011. Saat itu Kim merumput untuk Persema Malang yang berlaga di Indonesia Premier League (IPL). Saat itu ada bocah kecil yang selalu menarik perhatian Kim saat dia melakoni sesi latihan bareng Persema.

Berbeda dengan teman-temannya, Febri kecil itu kala berpakaian lusuh dan tanpa mengenakan alas kaki. Bahkan Kim menuturkan saat itu Febri selalu memakai pakaian yang sama setiap kali bertemu dengannya.

[Ikutan Instagram Competition, dan Dapatkan OPPO F3 Selfie Expert]

Dari awal kedekatan mereka pun, Kim dan Febri mengaku memakai bahasa 'Tarzan' untuk berkomunikasi mengingat Kim saat itu belum lancara bicara bahasa.

"Awalnya, saya main di Persema kan, saya datang ke Malang. Emang dari dulu, saya suka sama anak kecil. Tapi kalau terlalu kecil belum bisa diajak main, belum mengerti kita. Kalau sudah seusia segini (9-10 tahun), sudah mengerti dan sebagainya," tutur Kim dalam perbincangan dengan detikSport di Bandung beberapa waktu lalu.

"Lalu, saya di Malang saat itu belum bisa bahasa Indonesia, belum lancar. Kita latihan setiap hari, pagi-sore, di Gajayana. Dia datang terus melihat kita latihan, hampir setiap hari. Dia menonton latihan," sambung pesepakbola kelahiran Jerman itu.

"Mungkin saat itu sedang hype saya sama Irfan (Bachdim), jadi mungkin dia juga mengidolakan saya sama Irfan. Tapi saya masih ingat, dia datang dengan celana merah yang sekolah sama daleman (singlet) tapi kotor. Yang lain-lain temannya pada rapih. Dia sepatu tidak pernah ada, setiap hari pakai itu, tidak pernah ganti."

"Saya kasihan lihatnya, setiap hari habis latihan, foto dan tanda tangan. Yaudah, saya bilang "ayo, saya ajak dia dari stadion mess, naik bus terus". Kita pisah di mess, selalu seperti itu. Saya juga tidak tahu cerita awalnya dia bisa suka sama saya bagaimana."

Cerita Kim Kurniawan dan Anak Angkatnya di MalangFoto: Istimewa

"Saya kasihan, saya ajak ke mall, tempat baju-baju, sepatu, celana. Mulai dari situ saya ada hubungan dekat sama dia, saya masih tinggal di hotel. Dia tahu saya tinggal di hotel, pulang sekolah, dia langsung ke hotel dan ketuk pintu kamar. 'Siapa ini yang ketuk pintu,' begitu kata saya. Terus pas saya lihat ternyata dia."

Kim sendiri merasa terenyuh dengan kehidupan Febri saat itu dan lantas mengangkatnya sebagai anak asuh. Hingga Kim kini bermain di Persib, hubungan itu terus terjaga dengan baik dan bahkan kerap mengundang Febri untuk datang ke Bandung.






 



"Jadi mulai dari situ, dia selalu sama saya setiap latihan dan malamya baru pulang. Orangtuanya masih ada, cuma mungkin (hmmm..), mungkin kurang mampu juga karena punya empat anak. Jadi mereka senang juga saya membantu anaknya. Hampir setiap hari sama saya, apalagi kalau libur, pasti saya ajak renang, jalan-jalan, nonton, dan lain-lain."

"Sekarang dia 16 tahun, masih di Malang. Saya sempat berpikir untuk membawanya ke Bandung, tapi saya pikir lagi repot juga kalau harus pindah sekolah, takutnya saya pindah lagi. Kalau saya ajak, pasti langsung mau dia ke sini. (Kemarin) baru ke Bandung. Kalau dia libur, saya pasti langsung ajak ke Bandung dan menginap di apartemen."

"Kegiatan sosial? saya sih minta Lisa (pacar) yang urus, paling kalau ada barang tak terpakai atau apapun, saya jual, lalu sekitar 20 persen dari hasil penjualan diberikan untuk anak yatim," tutupnya.

Tak cuma anak angkat atau pacar yang jadi penyemangat Kim, fans Persib Bandung sudah pasti selalu menyemangatinya saat bermain. Bagaimana arti suporter di mata Kim? Pemain keturunan Jerman itu akan menjawabnya untuk Anda di detikSport.



(mrp/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed