DetikSepakbola
Kamis 05 Oktober 2017, 16:24 WIB

8 Bulan di Indonesia, Luis Milla: Timnas Punya Progres Oke

Randy Prasatya - detikSport
8 Bulan di Indonesia, Luis Milla: Timnas Punya Progres Oke Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Bekasi - Sudah hampir sembilan bulan Luis Milla melatih timnas Indonesia. Dia melihat timnya sudah banyak progres yang meningkat.

Milla resmi diangkat menjadi pelatih timnas Indonesia sejak pertengahan Januari 2017. Dia ditugasi untuk membesut timnas U-22 dan timnas senior.

Pelatih Spanyol itu mengantarkan timnas U-22 meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2017 pada Agustus lalu. Lebih dari itu, permainan Indonesia pun saat ini terhitung cukup menghibur dengan tak lagi banyak mengandalkan long ball.

"Sebelumnya saya sangat beruntung bahwa saya bisa menganalisis pertandingan di liga untuk bisa menyeleksi dan gabung ke Sea Games," kata Milla di Stadion Patriot.

"Saya banyak datang ke pertandingan liga, itu dibantu staf saya. Kalau tidak datang ke stadion, saya menonton lewat televisi. Kalau tidak tahu saya tanya federasi. Ada progres dari 8 bulan ini, saya sangat senang," sambung Milla.

Milla juga menjelaskan kriteria pemain yang dia cari untuk masuk ke dalam timnas U-22 dan senior. Pemain yang dia inginkan bukan cuma mengerti tentang taktik, tapi mereka harus punya sikap yang baik di dalam atau luar lapangan.

"Selalu pemain terbaik pastinya, dilihat juga cocok atau tidak dengan sistem saya. Bisa memberi contoh atau tidak saat di dalam dan luar lapangan. Pemain juga harus kompetitif dan punya rasa solidaritas untuk akhirnya bisa berjuang buat timnas," tambah mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu.

Pada Rabu (4/10/2017) malam WIB, Milla berhasil menhantarkan timnas senior Indonesia mengalahkan Kamboja 3-1 di Stadion Patriot Candrabhaga dalam laga uji coba. Dalam susunan pemain itu, Milla mencampurkan pemain U-22 dengan pemain senior.

Sejauh ini, Milla sudah menjalani 12 pertandingan bersama timnas, baik senior maupun U-22. Rinciannya, dia memenangi enam pertandingan, tiga kali memetik hasil imbang, da dua kali menelan kekalahan.

Hasil-hasil laga timnas Indonesoa bersama Luis Milla

Indonesia 1-3 Myanmar
Indonesia 0-0 Puerto Rico
Indonesia 2-0 Kamboja
Indonesia 1-1 Thailand (Sea Games)
Indonesia 3-0 Filipina (Sea Games)
Timor Leste 0-1 Indonesia (Sea Games)
Vietnam 0-0 Indonesia (Sea Games)
Indonesia 2-0 Kamboja (Sea Games)
Malaysia 1-0 Indonesia (Sea Games)
Indonesia 3-1 Myanmar (Sea Games)
Indonesia 0-0 Fiji
Indonesia 3-1 Kamboja



(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed