DetikSepakbola
Kamis 12 Oktober 2017, 17:35 WIB

Playoff Khusus yang Bikin PSBK Blitar dan Persewangi Adu Jotos di Kanjuruhan

Femi Diah - detikSport
Playoff Khusus yang Bikin PSBK Blitar dan Persewangi Adu Jotos di Kanjuruhan Foto: -
Jakarta - Duel antara PSBK Blitar dengan Persewangi Banyuwangi di Stadion Kanjuruhan pada playoff khusus diwarnai adu jotos. Ketetapan PSSI dipertanyakan.

Playoff khusus itu memanggungkan PSBK dan Persewangi untuk berebut peringkat keempat, sebagai syarat mengikuti playoff untuk bertahan di Liga 2.

Menurut regulasi, klub yang ada di peringkat pertama dan kedua papan klasemen akhir akan melaju ke babak 16 besar. Adapun, tim berperingkat ketiga dan keempat akan menjalani playoff untuk menghindari degradasi.

Pada Grup 6 Liga 2 itu dihuni tujuh tim. Urutan pertama dan kedua ditempati Mojokerto Putra dan Kalteng Putra FC. Untuk peringkat ketiga diduduki oleh Persik Kediri.

[Baca Juga: Liga 2 Rusuh di Mana-Mana: 3 Bentrokan Dalam 5 Hari]

Penentuan peringkat keempat menjadi krusial, karena Persewangi dan PSBK sama-sama mengantongi nilai 18. Sesuai regulasi, jika dua tim mengantongi nilai yang sama maka dilihat head to head. PSBK dan Persewangi saling mengalahkan. PSBK mengalahkan Persewangi 2-0, kemudian Persewangi membalas dengan mengalahkan PSBK 2-1 pada pertemuan kedua.

Dari hasil dua pertandingan tersebut, PT Liga menganggap Persewangi yang menempati urutan keempat, sebagai syarat playoff untuk menghindari degradasi. PT Liga beranggapan Persewangi unggul selisih gol +1 yang didapat di klasemen Grup 5. Sementara, PSBK mempunyai selisih gol 0.

Namun rupanya, PSBK Blitar memiliki persepsi yang berbeda tentang selisih gol itu. Mereka menganggap unggul agregat gol 3-2 dari dua pertemuan dengan Persewangi. Karena keberatan, mereka mengajukan surat kepada PSSI, bukan kepada PT Liga.

Playoff Khusus yang Bikin PSBK Blitar dan Persewangi Adu Jotos di Kanjuruhan Foto: ist.

[Baca Juga: Persewangi Diputuskan Kalah dan Bayar Denda]

Dalam prosesnya, PSSI merespons dengan membuat playoff khusus antara Persewangi dengan PSBK. Pertandingan itu dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (10/10/2017). Playoff khusus ini tak diatur dalam regulasi.

Laga, yang diwarnai adu jotos itu, terhenti pada menit ke-86. PSBK mencetak satu gol dalam laga itu. Tapi, situasi makin tak kondusif dan panas.

Hasil pertandingan akhir ditentukan oleh Komisi Disiplin (komdis) PSSI sehari kemudian. PSBK dinyatakan menang 3-0 dan Persewangi didenda Rp 100 juta.

Dengan kemenangan 3-0 itu, PSBK yang berhak menjalani laga playoff degradasi Liga 2. Namun, Komdis masih membuka peluang untuk banding.



(fem/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed